Lihat ke Halaman Asli

Annisyah putri

SMA NEGERI 1 AIR PUTIH

Pengaruh Motif Penggunaan TikTok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram

Diperbarui: 19 Februari 2022   13:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Viral. Sumber ilustrasi: PIXABAY/ktphotography

Aplikasi Tik Tok merupakan suatu bentuk media baru yang berfungsi untuk menyediakan dukungan berupa fitur edit seperti lagu dan efek pada wajah dalam pembuatan video berdurasi 30-60 detik. 

Tik Tok juga aplikasi buatan perusahaan teknologi Cina,ByteDance Inc, yang resmi diluncurkan pada bulan september 2016. Sedangkan media sosial Instagram merupakan media sosial yang bertujuan untuk mempublikasi foto dan video.

Strategi Influencer Marketing menjadi cara utama Tik Tok dalam memperkenalkan aplikasinya dengan mengundang 100 kreator untuk memperkenalkan pada peluncurannya di Indonesia. Tepat pada tanggal 3 Juli 2018, Kemenkominfo secara resmi memblokir Tik Tok dari Indonesia. Ada beberapa yang di berikan Kemenkominfo dalam memblokir aplikasi tersebut, seperti adanya konten berbau negatif dan pengaturan umur pengguna yang terlalu dini untuk di gunakan di Indonesia. 

Seiring dengan meningkatnya popularitas Tik Tok di tahun 2019, seorang remaja bernama Prabowo Mondardo atau lebih dikenal dengan akun instagramnya @bowo_allpennliebe menjadi viral di Indonesia. Konten video yang di publikasi di akun Instagramnya berasal dari Tik Tok. Berdasarkan fenomena tersebut, kini generasu muda ikut mengikuti tren tersebut dimana anak-anak muda menciptakan video dari Tik Tok dan mengunggahnya di Instagram.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motif penggunaan aplikasi Tik Tok terhadap faktor yang paling efektif dalam pembentukan personal branding generasi milenial di instagram. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa generasi milenial cenderung menggunakan Tik Tok untuk memenuhi kebutuhan hiburan. Faktor yang paling efektif dalam pembentukan personal branding di Instagram adalah dimensi standar yaitu ketika pengguna menganut nilai moral dan kepercayaan yang setara dengan pengikut mereka, hal tersebut dapat membuat mereka lebih dikenal di Instagram.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline