Setiap orang pasti memiliki cita-cita dalam hidupnya, ada yang bercita-cita menjadi seorang hakim, jurnalis, artis, pelukis, pengacara, presiden, dan masih banyak lagi. Namun adakah yang mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang public relation atau yang biasa kita kenal sebagai humas? Sebelum itu apa sih sebenarnya definisi dari Public Relation?
Public relation adalah proses di mana suatu organisasi berinteraksi dengan masyarakat untuk menciptakan opini publik, menanamkan pemahaman, memberikan kesadaran, memberikan motivasi, dan menciptakan keterlibatan publik.
Tujuan dari proses ini adalah untuk saling menguntungkan, menanamkan niat baik, dan menumbuhkan kepercayaan satu sama lain sehingga publik akan memiliki citra yang baik kepada organisasi/perusahaan.
Selain itu, PR juga berhubungan dengan kreativitas. Banyak sekali perusahaan yang akan membutuhkan tenaga dalam bidang ini. Karena, seorang PR memiliki peran yang penting dalam membangun brand serta menyampaikan informasi dan pesan kepada masyarakat luas maupun publik.
Tak heran jika profesi PR ini menjanjikan prospek kerja yang bagus di masa mendatang dan banyak sekali diminati oleh generasi milenial. Karena dengan seiring perkembangan zaman semakin hari semakin banyak munculnya berbagai perusahaan hubungan masyarakat dan juga corporate consulting, dengan ini profesi PR pun menjadi lebih terkenal karena manfaat dan fungsinya yang semakin populer.
Berikut adalah beberapa contoh mengenai prospek kerja menjadi seorang PR:
Menjadi Staff Public Relation
Menjadi Dosen
Berkecimpung di Bidang Jurnalisme
Menjadi Konsultan Kehumasan
Menjadi Seorang Pebisnis EO (Event Organizer)