Lihat ke Halaman Asli

Annisa Rahmawati

College Student

Bukan Cuman Modal Kreatif, Beginilah Pembuatan Konten Program TV yang Sukses!

Diperbarui: 10 Desember 2021   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: doopage.com 

Annisa Rahmawati – Mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta

Hiburan sudah menjadi asupan penting untuk mengisi waktu luang kita. Pastinya setiap orang akan memilih hiburan yang sesuai dengan seleranya. Program TV merupakan salah satu sarana hiburan yang dapat dinikmati oleh masyarakat dari berbagai wilayah.

Berbagai macam Program TV sukses mendapatkan views yang banyak karena konten yang disajikannya menarik. Namun pernahkah kalian berfikir bagaimana dibalik layar pembuatan konten sampai bisa menarik views yang banyak?

Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan salah satu praktisi media, yaitu Dina Kurnia sebagai Associate Produser dari salah satu program TV di Trans TV. Berikut hal-hal yang perlu DIPERHATIKAN dalam pembuatan suatu konten Program TV. Yuk disimak!

Paling penting dalam pembuatan suatu konten yaitu beradaptasi dengan selera masyarakat. Mengapa begitu? Setiap perubahan selera masyarakat dapat mempengaruhi jumlah views dari suatu konten. Dengan mengikuti tren yang sedang diminati, otomatis akan menarik perhatian penonton.

Untuk beradaptasi dengan selera masyarakat juga diperlukan strategi yang tepat. Poin penting dalam strategi menghadapi selera masyarakat yaitu menyediakan konten yang sesuai dengan target audiens dari Program TV nya sendiri.

Selain itu, penentuan jam tayang konten sangatlah penting karena kemungkinan besar akan mempengaruhi jumlah views.

Tidak kalah penting dari adaptasi selera masyarakat, yang sering diabaikan ketika membuat sebuah konten adalah kualitas konten itu sendiri.

Masih ada Program TV yang hanya mementingkan sebuah rating saja, dan menyampingkan kualitasnya. Padahal konten dikatakan sukses ketika dapat menghibur sekaligus memberikan informasi.

Lalu bagaimana agar konten terlihat menarik bukan sekedar memanfaatkan rating?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline