Lihat ke Halaman Asli

Ikahimatika

Diperbarui: 25 Agustus 2024   20:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

       Apa itu ikahimatika?

IKAHIMATIKA (Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika) adalah salah satu organisasi mahasiswa matematika yang bersifat nasional dan profesional dan berlegalitas. IKAHIMATIKA memiliki tujuan menjalin kerjasama himpunan matematika di seluruh Indonesia. Fungsinya sebagai pemersatu peran himpunan. IKAHIMATIKA memiliki beberapa peran, yaitu menyelenggarakan forum pertemuan untuk membahas suatu permasalahan, mengaplikasikan bidang matematika sejalan dengan penyelesaian permasalahan di masyarakat, menjalin kerjasama dengan organisasi yang sejenis.

Ikahimatika sendiri telah ada sejak tahun 1989 dengan nama Ikahimaptika sebab banyak anggotanya berasal dari prodi pendidikan. Kemudian, pada tahun 1998 Ikahimaptika berganti nama seperti sekarang ini yaitu Ikahimatika.Tahun 1998 pula organisasi ini mulai mengalami vakum atau tidak beroperasi seiring dengan peristiwa reformasi hingga tahun 2001. Melalui kongres yang diselenggarakan di Universitas brawijaya malang pada tahun 2001 yang mengasilkan Ikamahalita kembali beroperasi dan eksis lagi.

Setiap simbolnya memiliki makna atau arti. Pita merah putih melambangkan identitas negara Indonesia, buku dan pena melambangkan mahasiswa Ikahimatika yang mengembangkan disiplin ilmu mereka, ikwantor universal berwarna kuning melambangkan matematika berguna dalam seluruh aspek masyarakat, dan api melambangkan semangat para mahasiswa.

IKAHIMATIKA yang berada di Kabupaten Malang memiliki beberapa divisi, antara lain:
1. Divisi  Keilmuan dan Profesional, memiliki program kerja, yaitu MAPTION, MATIC, Webinar, dan Timeline Kompetisi.
2. Divisi Kaderisasi dan Internal, memiliki program kerja, yaitu IGTC, LKMM-TD, KOPDAR, AKBAR, sensus dan layanan keanggotaan, upgrading, dan apresiasi IKAHIMATIKA.
3. Divisi Pengabdian Masyarakat, memiliki program kerja, yaitu bakti lingkungan, seribuan, IKAHIMATIKA peduli, dan IKAHIMATIKA abdi masyarakat.
4. Divisi Kewirausahaan, memiliki program kerja, yaitu PDH pengurus, seminar, dan merchandise.
5. Divisi Informasi dan Komunikasi, memiliki program kerja, yaitu pelatihan desain, desain informasi dan komunikasi, podcast, pengelolaan sosmed, studi banding, website, dan artikel.

Manfaat yang didapatkan mahasiswa jika bergabung di IKAHIMATIKA adalah mendapat pengalaman, jejaring sosial, wawasan yang luas dan lain sebagainya.

Agenda nasional IKAHIMATIKA meliputi :


1. MUKERNAS, yang membahas tentang program kerja yang akan dilaksanakan.
2. KONGRES, dilakukan untuk pergantian pengurus besar IKAHIMATIKA.
3. MUSTANAS
4. RAKORNES, yaitu rapat pengurus pusat IKAHIMATIKA.

Sedangkan agenda wilayahnya meliputi :


1. MUSTAWIL
2. MUSWIL

Banyak sekali program kerja yang dilaksanakan oleh organisasi Ikahimatika seperti tryout SBMPTN, kompetisi matematika, webinar, bakti lingkungan, donor darah, dan banyak kegiatan manfaat lainnya. Kurang lebih seperti itulah gambaran umum mengenai Ikahimatika Indonesia, semoga apa yang saya sampaikan tersebut dapat menambah informasi dan bermanfaat. Terima kasih. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline