Lihat ke Halaman Asli

Annisa Widyast

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Peranan Guru sebagai Fasilitator dalam Perspektif Jerome Bruner

Diperbarui: 10 November 2024   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

id.lovepik.com

Dalam perspektif Jerome Bruner terdapat peranan guru dalam pembelajaran penemuan. Peranan guru dalam pembelajaran menurut perspektif Jerome Bruner sangat penting, terutama dalam konteks pembelajaran berbasis penemuan (discovery learning).  Disini penulis akan menjelaskan beberapa peranan tersebut, diantaranya: 

1. Guru merencanakan pelajaran demikian rupa sehingga pelajaran itu terpusat pada masalah-masalah yang tepat untuk diselidiki oleh para siswa.

2. Guru menyajikan materi pelajaran yang diperlukan sebagai dasar bagi para siswa untuk memecahkan masalah. 

3. Guru harus memperhatikan tiga cara penyajian yang sudah di bahas yaitu enaktif, ikonik, dan simbolis. 

4. Guru sebagai tutor atau pembimbing jika siswa sedang memecahkan masalah di laboratorium atau secara teoritis. Guru sebaiknya menjadi tutor yang memberikan umpan balik pada waktu yang tepat.

5. Menilai hasil belajar juga merupakan peranan guru dalam pembelajaran penemuan.

6. Menciptakan lingkungan belajar yang menarik adalah peranan guru yang penting agar siswa merasa nyaman dan asik jika memperhatikan pelajaran. 

7. Mendorong pembelajaran aktif adalah peranan guru. Guru perlu mendorong siswa untuk bertanya, berdiskusi, serta melakukan beberapa eksperimen atau percobaan.

Di atas merupakan peranan-peranan guru dalam pembelajaran siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline