Lihat ke Halaman Asli

AnnisaAp

ojo kepo

Mengenal Karakteristik Kompetensi Guru di Sekolah Inklusi

Diperbarui: 10 Juli 2021   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Annisatul Mufidah

Nim : 181330000341

Kelas : 6 PGSD A3

Kompetensi dapat diartikan sebagai sebuah kecakapan atau kemampuan. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Nana Sudjana dalam (Janawi,2012) bahwasannya kompetensi adalah suatu kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang yang berkenaan dengan tugasnya. Sebagai seorang guru mempunyai tugas yang harus dimiliki adalah keahlian sesuai dengan ahlinya dan keterampilan dalam proses belajar mengajar. Agar dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan yang diinginkan, tentu harus dilandasi dengan pengetahuan-pengetahuan yang mendalam.

Pengertian Kompetensi Guru Sekolah Inklusi Kompetensi guru inklusif adalah kemampuan guru dalam mendidik peserta didik berkebutuhan khusus (ABK), dan untuk mendidik peserta didik berkebutuhan khusus (ABK) jenis tertentu dalam bentuk : menyusun instrument assesmen pendidikan khusus, melaksanakan pendampingan untuk Pendidikan berkebutuhan khusus, memberikan bantuan layanan khusus, memberikan bimbingan secara berkesinambungan untuk anak berkebutuhan khusus, memberikan bantuan kepada siswa yang berkebutuhan khusus (Mudjito dkk, 2021; 54).

Dalam pedoman umum sekolah inklusif, Mudjito dkk (2012: 62-52) menyatakan bahwa kompetensi guru inklusif selain dilandasi oleh empat kompetensi utama (kompetensi pendagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi social, dan kompetensi profesional).

Secara khusus karakteristik guru inklusijuga berorientasi pada kemampuan utama lain, yaitu kemampuan umum (general ability) dan kemampuan dasar (basic ability).

Daftar Pustaka
Anggriana, Tyas Martika. 2016. Kompetensi Guru Pendamping Siswa ABK Di Sekolah Dasar.
Agustin, Leonita Dwi. 2014. Pemahaman Pedagogik Guru dalam Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan. Vol. 6 (1).
Mulyanto, T. Y. 2010. Pedoman penyelenggaraan pendidikan inklusif di Provinsi DKI Jakarta. Makalah disampaikan dalam seminar “Pendidikan Inklusif di Jakarta”, Jakarta, Juni 2010.

Guna memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan inklusi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline