Lihat ke Halaman Asli

KKN di Desa Air Masin Kecamatan Seruway yang Berbatasan dengan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

Diperbarui: 28 Agustus 2024   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gapura selamat datang di kec. Pematang Jaya Kab. Langkat

KKN di Desa Air Masin Kecamatan Seruway yang Berbatasan dengan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

Penulis : Minarseh, Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Pendidikan adalah suatu proses yang sistematis dan terstruktur yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan, pengetahuan, sikap, dan nilai-nilai individu agar dapat berfungsi secara efektif dalam masyarakat. Pendidikan mencakup berbagai aspek, mulai dari pembelajaran di lingkungan keluarga, sekolah, hingga pembelajaran sepanjang hayat yang terus berlangsung. Pendidikan juga merupakan upaya untuk mentransfer pengetahuan, membentuk karakter, dan mengembangkan keterampilan individu, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan hidup dan berkontribusi positif dalam kehidupan sosial dan budaya.

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) diartikan sebagai tanggapan akademik masyarakat kampus atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Berbekal kompetensi keilmuan yang dimiliki, kegiatan ini merupakan aktualisasi dari tanggungjawab dan kepedulian sosial warga kampus kepada masyarakat luas, yang meliputi usaha-usaha nyata untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui perluasan wawasan dan pengetahuan, serta peningkatan keterampilan hidup. 

Terkandung di dalamnya partisipasi aktif, kreatif, dan inovatif warga kampus dalam berbagai bentuk community development yang bersifat transformatif, sehingga masyarakat mampu mencapai kehidupan yang lebih baik (mandiri dan bermartabat). Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian integral dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh seluruh civitas academica bersama-sama dengan dharma penelitian dan dharma pengajaran

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program wajib dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi secara langsung di masyarakat. KKN tidak hanya menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar, tetapi juga menjadi sarana pengabdian kepada masyarakat. Desa Air Masin, Kecamatan Seruway, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Desa ini menyajikan tantangan dan peluang unik bagi para mahasiswa yang terlibat, sekaligus memberikan pengalaman yang tak terlupakan dalam pengabdian masyarakat.

Profil Desa Air Masin

Desa Air Masin merupakan sebuah gampong yang terletak di kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, provinsi Aceh, Indonesia. Desa Air Masin dengan luas wilayah 6 km memiliki kurang lebih 515 jumlah jiwa, secara geografis desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara yang mana di ujung Desa Air Masin berdiri gapura perbatasan. Desa ini juga memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah, terutama dalam bidang pertanian dan perikanan. Sebagian besar penduduk Desa Air Masin bekerja sebagai petani, nelayan, dan buruh tani. Meskipun begitu, desa ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur dan akses terhadap pendidikan.

                           Gambar : Gapura perbatasan Desa Air Masin dan Kabupaten Langkat SUMUT

Pelaksanaan KKN di Desa Air Masin

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline