Lihat ke Halaman Asli

Annisa Solihati

Tim Humas dan Sekretaris di Pusat Pengembangan SDM Aparatur, bergerak di bidang Pengembangan SDM Aparatur Kementerian ESDM

PPSDM Aparatur Gelar Pelatihan Menulis

Diperbarui: 27 Juli 2022   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Secara sederhana pengertian menulis itu adalah menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan. Menulis bertujuan memberikan informasi tentang sesuatu, baik berupa fakta, peristiwa, pendapat, pandangan dan data kepada pembaca. Sehingga pembaca bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru dari tulisan tersebut.

Guna meningkatkan kemampuan menulis bagi ASN di lingkungan Kementerian ESDM, Pusat Pengembangan SDM Aparatur menyelenggarakan Pelatihan Effective Writing Skills yang dimulai pada tanggal 25 s.d. 29 Juli 2022 secara live class bertempat di PPSDM Geominerba, Bandung.

Bekerja sama dengan Pengajar dari GNFI dan Widyaiswara Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, peserta pelatihan mendapatkan materi Konsep Dasar Pelaporan Tertulis yang Efektif dan Efisien, Penyiapan Penyusunan Laporan Tertulis, Etika Penulisan Laporan, Penyusunan dan Penyajian Laporan Sesuai dengan Jenis Pekerjaan, serta Praktik Penulisan dan Presentasi.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan Effective Writing Skills, Koordinator Pokja Program dan Evaluasi, Andi Maulana menyampaikan harapannya bahwa setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu menulis dan menyajikan laporan tertulis secara efektif dan efisien sesuai dengan kriteria penulisan. 

Dalam hal ini, khususnya untuk penulisan laporan di instansi pemerintah. Selain itu peserta mampu menulis dengan gaya penulisan yang populer, sehingga dapat memberikan informasi atau wawasan tentang ESDM atau instansinya kepada masyarakat pada umumnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline