Lihat ke Halaman Asli

Annisa Salsabilla

Mahasiswa di UNIDA Gontor

Strategi Pemasaran Shopee Untuk Meningkatkan Penjualannya Dalam Bisnis Internasional

Diperbarui: 27 Agustus 2022   23:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr98szZKQpjEgoB7nqjzbkF;_ylu=c2VjA2ZwLWF0dHJpYgRzbGsDcnVybA--/RV=2/RE=1661639257/RO=11/RU=https%3a%2f%2finiaturannya.blogspot.com%2f2019%2f07%2fcara-mengatur-variasi-harga-di-shopee.html/RK=2/RS=g.uGLFfrCgP8Rai8AeK.kUsIdfs-

Shopee merupakan bentuk dari Brand Global Firm, karena pada saat didirikannya Shopee sudah memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Indonesia, Taiwan, Vietnam, dan Filipina. Brand Global Firm memiliki karakteristik yang berbeda, yaitu: (1) Jangkauan pasar global; (2) Manajer memiliki pandangan internasional yang kuat dan orientasi kewirausahaan internasional; (3) Penekanan pada strategi diferensiasi; (4) Penekanan pada kualitas produk unggulan; (5) Memanfaatkan Teknologi Informasi dan komunikasi canggih (TIK). Biasanya, Born Global Firm adalah perusahaan kecil yang berorientasi teknologi dan beroperasi di beberapa pasar internasional.

Kesuksesan Shopee sebagai E-commerce di Asia telah menjadi perhatian publik. Selain di Singapura, Shopee menjadi aplikasi e-commerce  teratas yang sering digunakan dan dikunjungi di beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Malaysia. Untuk mencapai hal tersebut, Shopee membuat inovasi dan strategi pemasaran sebagai upaya peningkatan konsumen dalam penggunaan aplikasi Shopee sebagai pembelian produk.

Adapun beberapa strategi dan inovasi Shopee dalam meningkatkan konsumen dalam penggunaan Shopee, antara lain:

  • Dalam strategi promosinya, Shopee mengadakan kampanye promosi yang biasanya diadakan setiap bulan. Kampanye promosi ini seperti Shopee 10.10, dimana akan ada diskon besar-besaran dan promo gratis ongkir. Promosi yang dilakukan Shopee ini sangat efektif untuk menarik konsumen.
  • Upgrade fitur aplikasi Shopee menjadi lebih baik. Shopee memiliki fitur aplikasi yang lebih baik dan jauh lebih menarik daripada aplikasi e-commerce lainnya. Fitur aplikasi ini memiliki peran penting dalam memikat pengguna aplikasi online shop. Jika fitur aplikasi tidak rapi dan tidak menarik, akan membuat orang malas dan enggan untuk menggunakannya.
  • Dalam strategi pemasarannya, Shopee menggunakan Brand Ambassador. Adanya Hallyu yang semakin mendunia menjadi peluang bagi Shopee untuk menjadikan artis atau idol Korea untuk menjadi Brand Ambassador. Hal ini sudah terbukti efektif dengan adanya peningkatan pendapatan Shopee setelah menggaet Blackpink dan Gfriend sebagai Brand Ambassador Shopee. Selain menggunakan Brand Ambassador, Shopee juga memasang iklan di berbagai tempat dan situs internet.[1]
  •  
  • Dalam strategi harga, Shopee berani menetapkan harga produk yang yang lebih murah dibanding e-commerce lainnya dengan pertimbangan Shopee dan penjual sehingga menguntungkan bagi kedua pihak.

Dalam strategi distribusinya, Shopee memiliki target yang tepat yaitu wanita. Wanita merupakan pengguna mendominasi E-Commerce yang di seluruh dunia. Selain itu, Shopee juga lebih memfokuskan pada produk kebutuhan yang dibutuhkan wanita seperti produk kecantikan dan fashion.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline