Lihat ke Halaman Asli

Dasar-Dasar Pemasaran

Diperbarui: 22 Maret 2024   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Pemasaran bagi suatu perusahaan sangat penting untuk memberikan semacam layanan penjualan yang dibutuhkan dalam transaksi pemasaran. suatu aktivitas yang tujuannya mencapai sasaran perusahaan, dilakukan untuk membantu Pelanggan untuk membeli produk yang dipasarkan, menjelaskan atau memberikan pemahaman kepada pelanggan te mengenai Produk tersebut. 

2. Ruang lingkup pemasaran mencakup segala hal yang berkaitan dengan Perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen serta menciptakan nilai bagi pelanggan dan perusahaan. ini termasuk riset pasar, pengembangan produk, Penetapan harga, distribusi, Promosi, dan manajemen merek.

3. konsep-konsep dasar dalam pemasaran meliputi:

 A. kebutuhan, keinginan, dan permintaan:

kebutuhan adalah kebutuhan dasar manusia, keinginan adalah keinginan yang ditunjuk ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan permintaan adalah keinginan yang didukung dengan kemampuan dan keinginan untuk membeli produk atau jasa.

B. Produk: produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada Pasar untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, atau permintaan 

C. Nilai, kepuasan, dan kualitas: Pemasaran berfokus pada menciptakan
Nilai, melalui produk yang ditawarkan hingga menciptakan kepuasan pada pelanggan kualitas produk dan layanan wajib diperhatikan. 

D. Pertukaran, transaksi, dan hubungan pemasaran melibatkan pertukaran, dimana nilai yang dihasilkan oleh perusahaan ditukar dengan nilai yang diinginkan oleh pelanggan melalui transaksi, pemasaran juga membangun hubungan atau interaksi pada pelanggan.

E. Pasar: Pemasaran berfokus pada pemahaman pasar dan segmen pasar yang menjadi target perusahaan, memahami kebutuhan, preferensi, dan Perilaku pelanggan.

F. pemasaran terintegrasi: konsep ini menekankan pentingnya koordinasi dan integrasi seluruh aktivitas pemasaran perusahaan, seperti perencanaan, Promosi, distribusi dan layaran pelanggan.

4. Manajemen Pemasaran telah mengalami perubahan signifikan seiring dengan Perkembangan teknologi, perubahan dalam perilaku konsumen, dan dinamika pasar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline