Lihat ke Halaman Asli

Annisa Rodiyah Hasdini

Guru di MAN 2 Kota Probolinggo

Pemuda Soekarno

Diperbarui: 2 September 2017   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Siapa penggerak terbesar kemajuan Indonesia dalam sejarah Indonesia? Semua tak akan lepas dari kata pemuda yang karena pemikiran dan perjuangan mereka kita sudah 72 tahun hidup dengan kata merdeka. Di zaman sekarang apa arti kata kemerdekaan bagi para pemuda saat ini ? Dengan konsep pendidikan yang sering berubah. Sudah saatnya generasi muda saat ini ditanamkan pikiran dan rasa nasionalisme atas negara kolam susu ini agar nasionalisme tersebut bisa tumbuh berkembang dan menghasilkan buah yang manis untuk negara ini.

Indonesia yang terlahir dengan jumlah pemuda yang besar, mari kita jayakan Indonesia dengan mengoptimalkan kemampuan dari masing-masing pemuda saat ini agar nantinya Indonesia bisa menghidupi seluruh rakyatnya. Banggalah wahai para pemuda akan kesempatan dan semangat yang kau punya saat ini dan di zaman ini. Bung Karno juga mempunyai pesan untuk kalian para pemuda :

Jadilah generasi muda pemimpin berjiwa besar, cinta damai, dan lawan penindasan, serta pereratlah tali persaudaraan !

Melihat fenomena kemunduran rasa nasionalisme seperti lagu-lagu nasionalisme sudah tidak populer di masyarakat dan para musisi terbaik Indonesia sudah enggan lagi membuat karya lagu kebangsaan. Dan yang saya temui lagi di masyarakat yaitu permainan odong-odong yang memakai lagu dewasa; banyak orangtua menyetel setiap hari lagu yang berintikan problematika suatu pasangan sehingga anak-anak mereka hafal; kepedulian antar sesama juga sudah mulai melumpuh; semakin banyaknya perceraian; narkoba yang dijual murah dan beredar dimana-mana termasuk di kota kecil. Semua yang saya sebut benar-benar saya tangkap dengan penginderaan saya, mulai dari keluarga, tetangga, teman, dan wilayah kota saya sendiri.

Mari kita wujudkan kesejahteraan bangsa Indonesia dengan melangkahkan Indonesia ke pintu kemakmuran bangsa ini. Hal tersebut mengingatkan saya lagi akan tutur kata Bung Karno :

Apa kita masih bertujuan yang sama ?

Apa kita masih bertujuan untuk menciptakan bangsa yang adil dan makmur ?

Kemana Indonesia melangkah ?

Kemana tujuan Indonesia ?

Sudah dimana Indonesia saat ini setelah merdeka ?

Kemana bangsa Indonesia yang besar ini melangkah ?

Yang terakhir, apapun yang sudah terjadi, yang sedang terjadi, ataupun yang akan terjadi pada negara ini semua sudah tertuliskan pada garis yang sudah Tuhan takdirkan. Kita sebagai penentu takdir hanya bisa usaha dan berdoa akan semua hal. Indonesia kali ini berharap pembaca maupun generasi penerus kemerdekaan Indonesia ini bisa mewujudkan impian presiden pertama Indonesia maupun impian yang dibutuhkan Indonesia untuk masa depan.

Dan siapapun berharap tidak ada lagi bibit-bibit maupun sampah negara seperti koruptor atau yang lain. Kita di dunia ini hanya untuk bertahan hidup dan menanti kematian. Dua hal berdampingan tersebut jika dihubungkan dengan kehidupan negara ini bisa dikatakan "pertahankanlah negara ini sebelum mati oleh jari-jari kolonial modern saat ini".Lagi-lagi saya menampilkan kata-kata presiden perdana kita sebagai penutup:

Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya.

Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline