ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SDKUB MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Wilujeng Khoirunnisa1, Balkis Pratiwi2, Hanuf Farhatania3, Annisa Rahmi Restyani4, dan Surya Putri Alfi Sari5
1,2,3,4,5Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Email : wilujengnisa@gmail.com, balkispratiwi5@gmail.com, hanuffarhatania1104@gmail.com, annisarahmirestyani@gmail.com, sputrialfisari@gmail.com
Abstrak
Kemampuan membaca adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh siswa sekolah dasar. permasalahan utama yang dibahas pada penelitian ini adalah kemampuan membaca yang masih kurang pada siswa kelas 1 SDKUB Muhammadiyah Purworejo. Meteode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mewawancarai guru kelas 1 SDKUB Muhammadiyah Purworejo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca pada siswa kelas 1 SDKUB Muhammadiyah Purworejo. Hasil dari penelitian ini masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan dalam membaca.
Kata kunci: membaca, siswa, kesulitan.
Abstract
Reading ability is an important ability for elementary school students to have. The main problem discussed in this research is the poor reading ability of grade 1 students at SDKUB Muhammadiyah Purworejo. The method used in this research is qualitative research by interviewing grade 1 teachers at SDKUB Muhammadiyah Purworejo. The aim of this research was to determine the reading ability of grade 1 students at SDKUB Muhammadiyah Purworejo. The results of this research still show that there are several students who have difficulty reading.
Key words: reading, students, difficulties.