Lihat ke Halaman Asli

Annisa Putri

mahasiswa

Digitalisasi Komunikasi Masyarakat: Penggunaan Spotify sebagai Bagian dari Komunikasi Linear terhadap Publik

Diperbarui: 18 Desember 2023   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1. Definisi dan Perkembangan Komunikasi

 
Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Yang mana komunikasi berkaitan dengan proses penyampaian pesan yang dilakukan seseorang terhadap orang lain. Komunikasi sendiri dapat dilakukan baik secara langsung dengan bertatap muka dan menggunakan lisan maupun secara langsung melalui media-media komunikasi. Dengan adanya teknologi, komunikasi dapat dilakukan secara tidak langsung baik secara verbal maupun non-verbal. Dan kehadiran media massa menjadi pelebur komunikasi tersebut. Dalam artian, media sosial menjadi alat komunikasi yang membebaskan setiap individu untuk menjadi komunikator ataupun komunikan dimanapun dan kapanpun itu (Astari Clara Sari, 2020).

2. Komunikasi dan Plaform Digital

Seiring dengan kemajuan teknologi serta informasi, masyarakat modern saat ini hampir semuanya terkena paparan media. Yang mana hadirnya internet memungkinkan setiap orang untuk mengakses media sosial atau digital platform. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penggunaan internet, khususnya di Indonesia yang berdasarkan survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Interet Indonesia (APJI), jumlah pengguna internet di indonesia saat ini mencapai 215,63 juta orang dalam kurun waktu tahun 2022-2023, jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 2,67% dari periode sebelumnya. Dalam artian, ada sekitar 78,19% populasi yang menggunakan internet dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 275,77 juta jiwa (Nurhasiah, 2023). Begitupun dengan penggunaan platform digital, dilansir berdasarkan data reportal, pada tahu 2023 tercatat sekitar 167 juta penduduk yang menggunakan digital platform.
Jumlah ini sendiri setara dengan 60,4% dari total penduduk Indonesia (Widi, 2023).

3. Spotify dan Perkembangannya

Salah satu digital platform yang tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia adalah spotify. Aplikasi ini berkembang menjadi aplikasi terpopuler dalam aspek platform audio visual. Berdasarkan laporan dari business of apps, secara global pengguna aktif bulanan aplikasi spotify pada tahun 2022 di caturwulan ke III mencapai 456 juta pengguna. Sementara di Indonesia, dalam 3 bulan terakhir spotify mencatat bahwa terdapat sekitar 6,6 miliar stream (siaran) di aplikasi tersebut. Sejak awal perilisannya pada 30 Maret 2016, spotify Indonesia telah memiliki lebih dari 551 juta pengguna di seluruh Indonesia (Annur, 2022). 

Sebagai sebuah platform digital berbasis audio visual, spotify menyajikan konten-konten yang menarik yang dibagi ke dalam dua bentuk. Pertama berupa lagu, dan yang kedua adalah podcast yang merupakan istilah utuk siaran berupa rekaman suara dari host (orang yang berbicara dalam podcast) yang membahas isu-isu tertentu dalam berbagai aspek (Mendio, 2021). Lebih lanjut, Indonesia juga menjadi negara dengan jumlah pendengar podcast terbanyak di Asia Tenggara, yang mana lebih dari 20% pengguna spotify mendengarkan spotify setiap bulannya (Mendio, 2021).

4. Spotify Sebagai Bagian dari Komunikasi Publik

Pada dasarnya aplikasi digital platform dapat menjadi media komunikasi. Mengapa demikian, karena aplikasi daring seperti spotify merupakan bagian dari jenis komunikasi massa yang dapat menjadi wadah bagi suatu populasi tertentu untuk saling terhubung meskipun terhalang jarak dan waktu. Dimana, komunikasi massa menghubungkan komunikator dan komunikan dalam sebuah wadah digital yang disediakan (Astari Clara Sari, 2020), dalam hal ini komunikator mencoba menyampaikan pesan tertentu kepada komunikan. Yang dalam hal ini adalah para pengguna spotify.

Lebih lanjut, komunikasi publik yang berkaitan dengan komunikasi disampaikan oleh komunikator dalam situasi tatap muka dihadapan audiens yang besar. Kelima, komunikasi massa, yaitu komunikasi yang berlangsung memungkinkan pesan yang ingin disampaikan dikirim melalui sarana dan media komunikasi kepada komunikan khalayak ramai (Astari Clara Sari, 2020). Spotify dapat dikatakan sebagai bagian dari dari komunikasi public, mengingat jangkauannya yang dapat didengarkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Penyajian konten berupa lagu dan podcast dalam layanan spotify dapat dikatakan sebagai bagian dari komunikasi massa, karena pesan yang disampaikan oleh komunikan tersebut disiarkan dan disajikan kepada masyarakat secara luas (Mendio, 2021).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline