Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Universitas Jember Melakukan Upaya Optimalisasi Digital Marketing Bengkel Bambu dan Pemasangan Banner

Diperbarui: 20 Februari 2022   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kegiatan pemasangan banner oleh mahasiswa kkn Universitas Jember (Dokpri)

Pemasaran merupakan faktor penting dalam suatu kegiatan bisnis supaya dapat mencapai tujuan dari suatu usaha yakni memikat dan mendapatkan konsumen. Beberapa upaya telah dilakukan oleh pihak Bengkel Bambu bersama dengan Tim KKN Tematik Kewirausahaan Universitas Jember demi menunjang pemasaran produk kerajinan Bengkel Bambu dengan memaksimalkan platform digital sebagai wadah. Tim KKN Tematik Kewirausahaan telah membantu membuat akun Shopee, Tokopedia, dan juga akun Instagram Bengkel Bambu dan mengadakan pelatihan dan sosialisasi digital marketing.

Tak luput kami juga memikirkan aspek-aspek yang dapat menambah daya pikat pembeli. Aspek tersebut dimaksimalkan mulai dari pembaharuan foto produk, pembuatan desain sablon produk, pembuatan label produk, pembuatan banner, penyebaran brosur ke social media, dan lain lain. Pembaharuan foto produk dibuat berupa katalog produk-produk kerajinan seperti gelas, teko, nampan, dan lain lain. Foto produk tersebut dikemas semenarik mungkin agar dapat menambah daya tarik dan minat para pembeli yang kemudian diupload di masing-masing akun platform Bengkel Bambu.

Tidak hanya dari segi pemasaran online tapi kami juga mencoba membantu mengoptimalkan marketing plan dari segi pemasaran offline yakni melalui banner. Lokasi dari bengkel bambu sendiri kurang strategis karena tidak berada dijalan utama, namun meski tidak berada dijalan utama bangunannya masih terlihat, berangkat dari hal ini kami berinisiatif untuk memasang banner agar terlihat dari jalan utama sehingga masyarakat dan pengunjung dapat mengetahui keberadaan bengkel bambu. Pemasangan banner dilakukan oleh Tim KKN Unej bersamaan dengan pihak bengkel bambu.

Dari beberapa upaya yang telah dilakukan, selanjutnya yakni langkah analisis dan evaluasi pemasaran secara berkelanjutan agar dapat mengetahui cara pemasaran yang tepat dan mengkaji mana saja yang tidak efektif dan mana yang efektif. Diharapkan dengan cara ini dapat membantu bengkel bambu kedepannya agar bisa bertahan dan bangkit ditengah pandemic Covid-19.

Kelompok 3 Tematik Kewirausahaan

Personil Kelompok :

Annisa Nuril Deanty (170710101480)

Dinda Ayu Shakine (180710101336)

Ageng Dharma Putra Vijaya (181910401041)

Sinta Dewi (181910401041)

Afif Rahmatullah (181910101056)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline