Lihat ke Halaman Asli

Annisa Nur Afifah

Seorang mahasiswi biasa

Tahukah Kamu Teknik Menulis Berita Itu Apa Saja ? Yuk kita simak pembahasan berikut ini

Diperbarui: 3 Juni 2021   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teknik menulis berita. | Pexels

Hai guys, kali ini kita ngebahas pembahasan yang seru yuk!! Kali ini kita bakal ngebahas tentang menulis berita. Udah ada yang tau belum ?? Kalau belum yuk mariiii kita simak pembahasan ini… ..

Menulis berita pada dasarnya adalah proses merangkum dan memilih sejumlah fakta terpenting yang akan membantu journalist atau penulis naskah (writer) untuk mengungkapkan atau menceritakan suatu peristiwa.

Penulisan lead atau intro

Baca juga: Ingin Menjadi Seorang Jurnalis? Ini Teknik Menulis Berita

Lead harus mempunyai unsur 5 W, walaupun tidak mesti seluruhnya. Penulisan lead di broadcast setidaknya terdapat 9 jenis.

a.) Hard lead atau direct lead ; merupakan lead yang biasa digunakan untuk hard news, yaitu kalimatnya langsung pada inti persoalan.

b.) Soft lead ; biasanya digunakan untuk softnews atau highlights dan isinya tidak sedramatis pada hard lead/direct lead.

c.) The name lead ; yang dimulai dengan menyebutkan nama seseorang. Penyebutan nama yang terkenal seperti: pejabat negara, tokoh masyarakat, politisi, artis, atau orang famous lainnya

Baca juga: Bagaimana Salah Satu Teknik Menulis Terbaik Bagi Pemula yang Ingin Konsisten?

d.) The quotation lead ; berita yang ditulis dengan cara mencuplik sebagian isi pernyataan atau sambutan orang terkenal yang berkaitan dengan suatu peristiwa penting.

e.) The shotgunlead / umbrella lead ; digunakan untuk menggabungkan dua peristiwa atau lebih kisah yang berhubungan. Cerita peristiwa yang saling berhubungan tersebut akan lebih menarik pemirsa bila digabungkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline