Lihat ke Halaman Asli

Annisa Kharisma Putri

Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia

Hadirkan Visual Merchandising yang Berbeda, K3 Mart Tunjungan Sukses Sebagai Retail Anti-Sepi Pengunjung

Diperbarui: 20 Juli 2024   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kelompok 1_K3 Mart Tunjungan

K3 Mart adalah sebuah retail yang berkonsep "ala" korea. Dengan konsep convenience store ala Korea, K3Mart menghadirkan berbagai produk dan gaya hidup Korea yang menarik bagi para pengunjung. K3Mart memperkenalkan konsep convenience store yang terinspirasi dari gaya hidup Korea, yang menawarkan berbagai makanan ringan unil dan tren terkini dari Korea Selatan. Dari makanan ringan khas Korea hingga makanan berat korea, K3Mart menyajikan ragam pilihan yang menggambarkan keanekaragaman gaya hidup Korea.


Hingga kini, terdapat 3 store yang ada di Surabaya. Diantaranya adalah K3 Mart Tunjungan, K3 Mart Citraland, dan K3 Mart Graha Pena. Terletak di lokasi yang berbeda juga membuat ketiga store tersebut memiliki luas dan kelengkapan produk yang berbeda pula.

K3 Mart Tunjungan melakukan pemanfaatan layout yang lebih kecil diantara 2 store lainnya. Terletak di ruko kecil 2 lantai, K3 Mart memfokuskan produk-produk unggulan saja yang sekiranya akan dinikmati oleh kalangan muda untuk sekedar menongkrong. Lantai 1 diisi oleh kategori produk snacks (makanan ringan), ice talk (minuman korea sachet kekinian), support umkm local heroes (produk ready to eat dari UMKM Surabaya), beverages (kulkas yang berisikan berbagai minuman korea dan lokal) , Makanan khas korea (odeng, tempura, dll) dan tentu saja produk ramen dengan signature experience yang ditonjolkan yakni "DIY Ramen" self service yang dimana pengunjung akan diberi petunjuk saat berada di Ramyeon Station untuk memudahkan memasak ramen. Tujuannya agar menghilangkan rasa penasaran dari beberapa pengunjung yang datang, hal ini membuat para pengunjung mendapatkan pengalaman menyenangkan dalam memasak ramen di K3 Mart.

Sedangkan di lantai 2 disediakan tempat indoor dan outdoor yang menghadap langsung ke arah jalan tunjungan untuk sekedar bersantai sembari menyantap makanan dan minuman yang telah di beli. Tak hanya itu, disediakan juga station DIY Ramen dan "Authentic Korean Odeng" untuk para konsumen yang ingin kembali order namun tidak perlu ke lantai 1.

Kelompok 1_K3 Mart Tunjungan


Jika di awal sempat disinggung konsep store yang berkiblat pada gaya hidup di korea, K3 Mart tidak memakai secara mentah-mentah lho ! K3Mart juga ingin meningkatkan peluang usaha untuk UMKM di setiap kota, yang kemudian berperan secara langsung dalam meningkatkan perekonomian daerah. Maka dari itu, K3 Mart mengemas store design nya tidak semua produk display merupakan barang impor. Pelanggan tetap disuguhkan berbagai macam produk lokal maupun UMKM yang bahkan produk ready to eat nya diberikan section khusus UMKM.

 Kelompok 1_K3 Mart Tunjungan

Optimalisasi penggunaan layout yang maksimal didukung dengan dekorasi yang cerah, perpaduan warna-warna yang menyenangkan, desain yang modern, dan music korea yang menyatu dengan atmosfer store sehingga ramah dan menyenangkan bagi para pengunjungnya. Terbukti hingga sekarang, dengan konsep ini K3 Mart berhasil membangun loyalitas pelanggan sehingga hampir tidak pernah sepi pengunjung.

"Retailers employ various forms of atmospherics---lighting, colors, music, scent, and even taste---to influence shopping behaviors. The use of these atmospherics can create a calming environment for task-oriented shoppers or an exciting environ-ment for recreational shoppers" ( Retailing Management Levy, Grewal)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline