Lihat ke Halaman Asli

5 Metode Self Healing untuk Kamu yang Suka Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Diperbarui: 15 Januari 2019   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

articles.mercola.com

Self healing adalah penyembuhan diri sendiri dari luka batin. Pada umumnya orang akan pergi ke tenaga ahli seperti psikolog atau psikiater untuk menyembuhkan luka batin, padahal sebenarnya manusia memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri nya sendiri.

Beberapa kejadian dalam hidup terkadang menjadikan seseorang suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Membanding- bandingkan diri dengan orang lain bukanlah solusi yang tepat untuk memacu semangat untuk bangkit dari situasi terburuk. 

Karena dengan membanding- bandingkan diri dengan orang lain adalah cara paling ampuh untuk mematikan karakter yang ada pada diri seseorang. Setiap orang memiliki keunikannya masing- masing, begitu juga kamu.

Bagaimana jika sudah terlanjur membanding- bandingkan diri dengan orang lain?. Jika sudah terlanjur membanding- bandingkan diri dengan orang lain, cobalah 5 metode self healing berikut ini:

  • Minta maaf lah kepada dirimu sendiri. Secara tidak sadar, kita sering menyakiti diri sendiri dan tidak berlaku adil. Membanding- bandingkan diri dengan orang lain adalah salah satu contoh perilaku yang menyakiti diri sendiri.

Foto from Calm.

  • Tanamkan dalam diri bahwa proses setiap orang itu berbeda, meskipun tujuan nya sama akan ada banyak jalan berbeda yang akan di lalui. Tantangan setiap orang itu bisa jadi sama, namun cara menghadapi dan kondisi individual seseorang itulah yang mempengaruhi tindakan lalu hasil nya.

www.insightcounselingduluth.com

Foto from Calm.
  • Belajar menikmati hidupmu sendiri, mengamati setiap proses yang terjadi, menyadari kegagalan, kecewa dan kemenangan dengan kesadaran yang penuh.

www.shutterstock.com

Foto from Calm.
  • Merubah pola pikir. Sebenarnya yang terpenting dalam menghadapi masalah adalah pola pikir kita. Pola pikir akan menentukan respon dan tindakan. Pernah sekali ku baca satu quotes dalam buku referensi skripsiku, katanya untuk menyelesaikan masalah, pertama sekali yang dilakukan adalah merubah pola pikir, dan tentunya juga dengan usaha dan doa yang tak pernah putus.

press.emergenceeducation.com

 

Foto from Calm.

  • Rutin mengajak berbicara diri sendiri di depan cermin setiap mau tidur dan ketika bangun tidur. Tegaskan pada diri sendiri bahwa "aku akan baik-baik saja, aku akan melewati prosesku sendiri dengan baik, aku akan menghargai apapun yang telah kuusahakan, aku berhenti membandingkan diriku dengan siapapun di dunia ini. Jika harus ku bandingkan diriku, maka akan ku bandingkan dengan diriku sendiri". selipkan kata- kata positiv lalu tersenyumlah.

blog.calm.com

Foto from Calm
  • Tidak lupa untuk berterimakasih kepada diri sendiri, karena mau bekerja sama untuk mewujudkan kehidupan dan perasaan yang sejahtera.

blog.calm.com

Foto from Calm.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline