Lihat ke Halaman Asli

Tugas dan Tanggung Jawab General Admin

Diperbarui: 19 November 2023   13:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Setiap perusahaan butuh seseorang untuk mengelola kegiatan administrasi di dalamnya, role tersebut dikenal sebagai general admin. Perusahaan baik besar maupun kecil pasti memiliki tugas-tugas administrasi yang harus diselesaikan. Sehingga posisi general admin penting untuk dimiliki perusahaan.

Ingin lebih mengenal tugas dan tanggung jawab general admin? Yuk, baca artikel ini sampai akhir ya!

Apa itu general admin? 

Apa itu general admin atau administrasi umum? Jawabannya yaitu sebuah profesi yang berkutat dengan berbagai jenis tugas administratif dalam perusahaan atau organisasi. Perusahaan memiliki banyak dokumen, data, dan arsip yang memerlukan seseorang untuk mengurusnya. Profesi general admin yang mengurusi hal tersebut. Terkadang, pekerjaan administrasi dibantu oleh software atau teknologi yang ada agar tugasnya lebih mudah diselesaikan.

Tugas dan tanggung jawab general admin

Setiap pekerjaan pasti memiliki tugas dan tanggung jawab yang perlu diemban, begitu juga role general admin. Apa saja tugas general admin? Berikut ini adalah tugas-tugasnya:

  1. Mengelola arsip dokumen dan data penting

Tugas dari general admin adalah mengelola dokumen-dokumen penting perusahaan baik yang masih digunakan maupun yang disimpan sebagai arsip. Selain dokumen fisik, data perusahaan seperti data elektronik pun perlu dikelola dengan baik. Jika Anda tertarik menjadi general admin, penting untuk bisa menguasai cara mengklasifikasikan dokumen agar tertata rapi dan mudah disortir.

  1. Mengatur timeline perusahaan

Jadwal perusahaan penting sekali untuk diatur karena setiap kegiatan yang berkaitan dengan perusahaan tidak boleh bertabrakan satu sama lain. Jika tidak diatur dengan baik, ada kemungkinan kegiatan perusahaan menjadi terhambat. Seorang general admin perlu bisa mengatur jadwal kegiatan operasional perusahaan dengan baik agar berjalan dengan lancar.

  1. Menjaga inventaris dan aset kantor

Selain dokumen penting, inventaris atau barang-barang milik kantor juga perlu dikelola dengan baik. General admin bisa merincikan aset-aset milik kantor dan mengelola keberadaannya agar tidak hilang ataupun rusak. 

  1. Berkomunikasi dengan pihak luar

Perusahaan tidak lepas dari yang namanya kerja sama dengan pihak eksternal. Sering kali, perusahaan A bisa berkolaborasi dengan perusahaan B untuk keberlangsungan bisnisnya. Siapa yang menjadi perantara di antara keduanya? Betul, seorang general admin juga memiliki tugas untuk bisa berkomunikasi dengan pihak luar perusahaan, baik itu konsumen, kompetitor, maupun perusahaan kolaborator.

Secara lebih rinci, inilah tugas-tugas general admin:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline