Action plan adalah dokumen untuk menyusun langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam mencapai sebuah tujuan. Setiap goal atau tujuan perlu dipastikan agar dipecah menjadi aksi-aksi yang bisa dilakukan agar bisa terpantau pelaksanaannya. Tidak hanya rencana berupa kegiatannya saja, tetapi waktu yang dibutuhkan perlu dicantumkan dalam sebuah action plan.
Baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui contoh action plan untuk HRD!
Manfaat Action Plan
Penting bagi HRD untuk membuat action plan agar tugas-tugas yang ada dapat dikerjakan dengan mulus. Berikut ini adalah empat manfaat dari action plan untuk HRD:
Memberi arah yang jelas
Divisi HRD tentu memiliki anggota lebih dari satu dan dengan dibuatnya action plan bisa membuat rencana aktivitas bagi setiap anggota. Dengan begitu, tujuan yang dicapai pun terpantau lebih jelas.
Mengatur jalannya tugas dengan efisien
Banyaknya tugas yang harus dilakukan dalam melakukan pekerjaan perlu dicari caranya agar lebih efisien. Salah satunya adalah dengan membuat action plan yang bisa menjadikan jalannya tugas lebih terorganisir.
Progress lebih mudah dipantau
Penting sekali untuk memantau progress yang sudah dijalankan untuk memastikan bahwa projek atau tugas besar terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana yang dibuat.
Meningkatkan akuntabilitas