Lihat ke Halaman Asli

Annisa Inayah

Mahasiswa

Meningkatkan Produktivitas Belajar melalui Suasana yang Mendukung

Diperbarui: 15 Oktober 2024   16:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Suasana yang mendukung merupakan aspek utama dalam meningkatkan produktivitas belajar. Untuk meningkatkan produktivitas belajar perlu diiringi dengan beberapa faktor dalam menciptakan suasana yang mendukung. Suasana yang mendukung untuk belajar adalah suasana yang menyenangkan, aman, dan nyaman. Suasana seperti ini dapat membantu siswa Dalam meningkatkan produktivitas belajar.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi seperti apa suasana yang mendukung untuk meningkatkan produktivitas belajar. 

Suasana belajar yang mendukung produktivitas siswa dapat diwujudkan dengan: 

● Menciptakan lingkungan belajar yang positif

Lingkungan belajar yang positif dapat kita ciptakan dengan menyediakan tata ruang kelas yang baik, bersih, indah, dan tertib. Suasana tersebut dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran. Anda bisa menata ruang kelas dengan menambahkan aksesoris yang memotivasi siswa, seperti kata-kata motivasi atau karya siswa. 

● Menciptakan lingkungan kelas yang inklusif

Lingkungan kelas yang inklusif dapat membuat semua siswa merasa diterima, dihargai, dan didukung. Anda bisa memperhatikan perbedaan latar belakang budaya, agama, bahasa, dan kemampuan akademik siswa. 

Dengan terciptanya lingkungan inklusif, siswa bisa mengekspresikan diri, pendapat, dan sudut pandang mereka sendiri, berpartisipasi penuh dalam kegiatan belajar, mengajar, bekerja, dan sosial, siswa juga akan merasa lebih aman dari kekerasan, atau kritik yang tidak adil.

● Membangun kedekatan dengan siswa

Anda bisa membangun kedekatan dengan siswa agar kelas menjadi lebih aktif dan partisipatif. Pahami perasaan dan kebutuhan siswa dan bantu mereka menghadapi berbagai kesulitan. Jadilah guru yang adil bagi seluruh siswa. Apresiasi keberhasilan yang didapat oleh siswa meski hanya keberhasilan kecil. Guru dapat menggunakan metode belajar sambil bermain.

● Memberikan motivasi kepada siswa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline