Lihat ke Halaman Asli

Annisa Hariyani

Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Virus yang Sangat Mematikan

Diperbarui: 18 Maret 2020   16:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

trtworld.com

Acquired Immune Deficiency Syndrome atau rusaknya sistem ketahanan tubuh/imun yang biasa kita sebut dengan AIDS, dan HIV adalah Human Immunodeficiency Virus atau virus yang merusak ketahanan tubuh manusia. Orang yang mengidap penyakit HIV dan AIDS di Indonesia biasa disebut ODHA yaitu singkatan dari Orang dengan HIV AIDS.

Setelah masyarakat tau penyakit ini dicetuskanlah oleh James W. Bunn dan Thomas Netter yang merupakan pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Dr. Mann menyukai konsep dan menyetujuinya, akhirnya sepakat pada 1 Desember 1988 sebagai Hari AIDS pertama sedunia.

Pentingnya peringatan Hari AIDS, dikarenakan pada saat kampanye kita melakukan komunikasi kepada khalayak mengenai pencegahan, pendidikan. Dilihat pada tahun 2017  AIDS telah merenggut sekitar 28,9 juta dan 41,5 juta orang di seluruh dunia, dan diperkirakan 36,7 juta orang hidup dengan HIV. Inilah yang menjadi alasan mengapa pentingnya mengadakan kampanye Hari AIDS terutama di Indonesia.

Di Indonesia pun tidak sedikit yang terkena HIV AIDS baik anak-anak sampai orang dewasa, dan banyak orang awam yang takut apabila berdekatan dengan ODHA. Itulah yang menjadi fokus para aktivis dalam kampanye AIDS, supaya pada ODHA tidak lagi dikucilkan dalam bersosialisasi dimasyarakat.

Sebenarnya penularan HIV AIDS tidak terjadi apabila kita hanya bersebelahan, pelukan, berjabat tangan dan cipika-cipiki. Tetapi penularan dapat terjadi apabila melalui donor darah yang terinfeksi, penularan HIV dari ibu ke anak, dan juga dengan menggunakan kondom saat berhubungan seksual. Mengingat HIV AIDS adalah virus yang sangat berbahaya ada baiknya kita menjaga lingkungan sekitar baik keluarga, saudara, dan pertemanan untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah, tidak berbagi jarum suntik atau apapun yang dapat menularkan virus, dan setia kepada pasangan karena faktor utama penularan HIV AIDS adalah seringnya bergonta-ganti pasangan, serta hindari narkoba terutama narkoba yang dikonsumsi dengan menggunakan jarum suntik.

Remaja di era sekarang untuk menghindari pergaulan bebas yang dapat menjerumuskan kepada seks bebas dan juga narkoba, maka dari itu penanggulangan yang paling utama adalah pentingnya peran orang tua selalu bertanya kegiatan sang anak, dan kampanye memberikan bimbingan moral kepada remaja dan anak-anak, serta sosialisasi mengenai apa itu HIV AIDS, penularan AIDS, metode pencegahan penularan AIDS.

Jadi sangat penting untuk kita mahasiswa yang mengetahui apa itu HIV AIDS untuk memberitahu betapa seramnya virus ini kepada lingkungan sekitar, supaya mereka dapat mengantisipasi penularan dan faktor yang paling utama penularan HIV AIDS adalah seks bebas dan juga narkoba, mengingat virus ini belum ada obat untuk menyembuhkan dan hanya ada vitamin untuk mengurangi nyeri serta menjaga imun tubuh ODHA.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline