Lihat ke Halaman Asli

Annisah

Mahasiswa

Strategi Efektif Mengelola Keuangan Jangka Panjang: Tips dan Trik untuk Kesuksesan Keuangan di Kalangan Mahasiswa

Diperbarui: 29 Juni 2024   00:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Manajemen yang baik itu merupakan kunci kesuksesan financial jangka panjang, terutama lagi bagi mahasiswa yang memiliki pendapatan yang terbatas. Oleh karena itu, menyusun strategi dalam mengelola keuangan jangka panjang sangat membantu mahasiswa membangun ekonomi atau keuangan yang efektif dan dapat menghindari masalah keuangan dimasa depan. 

Ada beberapa tips dan trik yang bisa membantu untuk mencapai kesuksesan keuangan dikalangan mahasiswa:

1. Buat Rencana Keuangan

Langkah awal dari kesuksesan keuangan dikalangan mahasiswa ini ialah, mahasiswa perlu membuat rencana keuangan yang jelas agar keuangan bisa teratur, seperti menentukan sumber pendapatan, membuat catatan pengeluaran, serta tujuan keuangan jangka panjang yang ingin di capai. 

2. Buat Anggaran

Langsung kedua yaitu membuat penetapan anggaran ini merupakan langkah yang penting dalam mengelola keuangan yang baik. Bagi mahasiswa perlu membuat pengeluaran yang dikeluarkan seperti makanan, transportasi, belanja dan lain sebagainya. Bagi mahasiswa patuhilah anggaran yang telah dibuat untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan. 

3. Prioritaskan Kebutuhan

Mahasiswa penting untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Mahasiswa harus memprioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan pokok seperti makanan, transportasi, dan kebutuhan lainnya. Sebagai mahasiswa perlu mempertimbangkan terlebih dahulu hal-hal yang tidak penting. 

4. Mencari Sumber Pendapatan Tambahan

Selain dari sumber pendapatan utama seperti uang belanja dari orang tua bagi mahasiswa, selain itu mahasiswa juga bisa mencari sumber pendapatan lainnya. Seperti beasiswa, atau bekerja di sela-sela waktu luang. Pendapatan tambahan ini dapat membantu memperkuat kondisi keuangan jangka panjang. 

5. Investasi Jangka Panjang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline