Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tematik MASLINTING Undip Lakukan Pengadaan Safety Sign dan Poster Penggunaan Listrik Aman untuk Tingkatkan Awareness K3

Diperbarui: 31 Desember 2023   12:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemasangan Safety Sign Bahaya Kelistrikan/Dok Pribadi

Semarang -- Salah satu tema dalam KKN Tematik Lingkar Kampus Undip tahun ini adalah "Masyarakat Peduli Stunting : Optimalisasi Intervensi Pengentasan Stunting di Kecamatan Banyumanik (MASLINTING)". Kegiatan KKN Tematik ini bekerja sama dengan pihak Kecamatan Banyumanik.

Berbeda dengan program multidisiplin yang telah dilaksanakan secara bersama-sama, program monodisiplin wajib dilaksanakan sesuai dengan jurusan masing-masing mahasiswa. Begitupun dengan mahasiswa yang berasal dari jurusan Kesehatan Masyarakat, yaitu Annisa Firdausi Tazkiyah.

Berkaitan dengan program pemberdayaan hidroponik yang merupakan salah satu program multidisiplin KKN, Annisa menyadari bahwa terdapat potensi bahaya yang berasal dari instalasi hidroponik, yaitu kelistrikan pompa.

Menanggapi isu keselamatan dan dampak yang dapat terjadi karena hal tersebut, dirancanglah program monodisiplin dengan tema "Pengadaan Safety Sign dan Pemasangan Poster Penggunaan Listrik yang Aman". Hal ini menjadi penting karena pemberian safety sign pada benda yang memiliki potensi bahaya dapat meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, penggunaan listrik yang tidak aman dapat membahayakan bagi manusia seperti membuat manusia tersetrum hingga yang paling parah dapat terjadi ledakan dan kebakaran.

Kegiatan pengadaan safety sign dan poster penggunaan listrik yang aman dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Desember 2023 di Kelurahan Jabungan dengan sasaran adalah Karang Taruna Kelurahan Jabungan.

Pengadaan safety sign bahaya kelistrikan dan poster penggunaan listrik yang aman dilakukan di kebun yang berada di area Kelurahan Jabungan. Sosialisasi dilakukan kepada perwakilan Karang Taruna Kelurahan Jabungan.

Pemasangan Poster Penggunaan Listrik yang Aman/Dok Pribadi

Sosialisasi dilakukan dengan menggunakan media poster yang berisi informasi cara penggunaan listrik yang aman. Cara penggunaan listrik yang aman diantaranya adalah jangan sentuh peralatan listrik dengan tangan yang basah, jangan menyentuh peralatan listrik yang rusak, matikan peralatan listrik saat tidak digunakan, tidak memasang terlalu banyak tancapan pada stop kontak, dan mengganti peralatan listrik yang rusak.

Setelah mendapat sosialisasi, diharapkan awareness terhadap bahaya kelistrikan meningkat sehingga dapat menggunakan listrik sehari-hari dengan lebih aman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline