Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN 05 Menyelengarakan Sosialisasi Pemasaran Produk UMKM dengan Mengunakan Media Sosial

Diperbarui: 15 November 2023   14:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber pribadi


Mahasiswa KKN PPM Universitas Malikussaleh Kelompok 5 Menyelengarakan langkah Proaktif dalam melaksanakan Program Partisipasi atau Pelatihan dalam Pemasaran Produk, yang dilaksanaka Di Gampong Cot Seurani, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara.

Dalam Pelaksanaan sosialisasi Pemasaran Produk mengunakan media sosial diikuti oleh ibu ibu dari komunitas kerajinan tangan dari moditifikasi enceng gondok beserta perangkat desa gampong cot seurani. Pelaksanaan Sosialisasi ini yang diketuai oleh Oksanti Fuji Astuti selaku Pemateri pemasaran produk mengunakan media sosial. Dalam kegiatan ini bertepatan dengan proses pelatihan enceng gondok, yang dimana diketuai oleh Pak Geuchik Gampong cot seurani.

Pemasaran mengunakan media sosial merupakan salah satu langkah aktif dalam mengunakan media sosial dari segi positif, yang dimana social media marketing mengunakan platform atau sebuah aplikasi yang bersifat publik salah satu nya melalui Whatsap, Instagram, Facebook, Twiter, Tiktok dan berbagai aplikasi lainya. Dalam konteks ini mengunakan suatu media sosial merupakan suatu strategi yang memberikan informasi bisnis atau mempermudah segala akses komunikasi dengan memperkenalkan produk produk yang dipasarkan lewat media sosial.

Dalam aspek ini bertujuan untuk mengenalkan pemasaran produk secara online, yang dimana masyarakat cot seurani sangat senang dengan adanya sosialisasi pemasaran produk melalui media sosial. Karena dalam pemasaran produk melalui media sosial adalah langkah aktif untuk menuju masyarakat modren demi menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Gampong cot seurani merupakan salah satu gampong yang mempunyai banyak produk kerajinan salah satu nya Produk tas, sepatu dan sebagainya dalam bentuk Eceng Gondok. Oleh karena itu salah tokoh masyarakat bernama Ibu Ruhul Haya sebagai pengrajian sangat senang karena mahasiswa KKN kelompok 5 memberikan partisipasi dalam mengenalkan pemasaran melalui media sosial. Sebab sosialisasi ini memberikan dampak positif salah satunya, hasil pengrajin dari desa cot seurani sudah berbasis internasional. Oleh karena itu Mahasiswa mengambil langkah aktif demi memajukan cara berfikir masyarakat cot seurani untuk mengunakan media sosial dengan baik yaitu pemasaran produk kerajinan dan sebagainya.

Dalam era digital yang terus berkembang pesat diberbagai dunia. Pemasaran produk melalui media sosial suatu elemen penting untuk strategi bisnis dengan jutaan penguna media sosial. Oleh karena itu dalam mengunakan media social harus memiliki keahlian untuk mengelola pemasaran produknya agar konsumen tertarik untuk membeli barang tersebut. Dalam proses sosialisasi ini memiliki dampak positif bagi masyarakat cot seurani. Oksanti Fuji Lestari selaku pemateri mengatakan Pemasaran Produk melalui Media sosial merupakan salah satu hal yang dapat memudahkan masyarakat berbagai dunia untuk memperluas jaringan bisnis dengan adanya penyebaran informasi lewat media sosial.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline