Lihat ke Halaman Asli

Bersantai a la Dermaga Point

Diperbarui: 15 Februari 2016   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Ampera terlihat lebih dekat dari dermaga point"][/caption]Palembang- Siapa yang tidak tahu dengan Ampera, Benteng Kuto Besak (BKB), dan Sungai Musi? Ya,pasti semua langsung teringat akan kota Palembang. Ketiga hal yang menjadi maskot kota palembang ini memang akan selalu menjadi reminder bagi kota wong kito. Namun, ada satu hal lagi yang menarik di kawasan yang penuh sejarah ini. Sekarang terdapat sebuah bangunan yang berdiri kokoh dan modern diatas sungai musi yang biasa dikenal dengan dermaga point.

Kenapa dinamakan dermaga point? Ternyata dulunya tempat ini memang merupakan sebuah dermaga pemberhentian untuk kapal dan ketek yang melalui sungai musi. Namun pemanfaatan bangunan yang tidak teratur membuat bangunan dermaga ini menjadi terbengkalai, dan barulah pada tahun 2014 bangunan ini berhasil di sulap oleh pemerintah kota menjadi tempat nongkrong masa kini muda-mudi Palembang.

Dermaga point merupakan sebuah bangunan 2 lantai yang berada di kawasan Benteng Kuto Besak, lantai 1 adalah tempat-tempat makanan ternama milik indonesia seperti J.CO,KFC, Bebek Garang,Soto Kwali bahkan rumah makan padang pun ada disini. Dermaga point memang menawarakan banyak tempat makan,pengunjung dapat menikmati makanan mereka dengan duduk sambil melihat pemandangan indah dari sungai musi dan ampera.

Belum lagi jika anda berkunjung malam hari, suasana romantis dari cahaya lampu jembatan ampera dan suara riak indah dari sungai musi membuat anda bisa merasakan secara langsung keindahan kota Palembang di malam hari. Lantai 2 bangunan ini adalah sebuah convention hall, atau yang lebih dikenal dengan Ampera Convention Center (ACC),convention center ini sering digunakan untuk acara pernikahan,pertemuan, bahkan pernah juga dijadikan sebagai tempat konser musik.

Convention center yang berkapasitas 2000 orang ini menjadi favorit tempat pelaksanaan acara acara karena letaknya yang berada tepat di tepi sungai musi, belum lagi letak dari dermaga point ini berada persis didepan musium SMB II. Lokasi yang strategis karena berada di jantung kota dan dikelilingi oleh kawasan kawasan yang menjadi trademark kota empek empek ini, membuat dermaga point cukup digemari sebagai tempat bersantai sekaligus untuk melepas penat.

[caption caption="suasana tempat makan dermaga point"]

[/caption]

View berbeda yang ditawarkan langsung menghadap ke jembatan ampera dan sungai musi ini menjadikannya salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan. Anda bisa berfoto dengan latar belakang ampera dan juga kapal kapal yang melalui sungai musi. Karena ampera dan sungai musi terlihat sangat dekat jika berfoto disini.

Tak hanya berfoto, anda juga bisa mengamati bagaimana kehidupan masyarakat Palembang atau bahkan ingin ikut mencoba menaiki perahu-perahu yang ada. Bersantai di dermaga point setelah lelah mengelilingi kawasan benteng kuto besak memang merupakan pilihan yang sangat tepat bagi anda yang ingin bersantai namun tetap ingin berada dekat dengan trademark kota Palembang itu. Selain itu semua,fasilitas yang disediakan di dermaga point ini juga cukup lengkap, wc yang bagus, atm center dan juga parkiran yang luas.

Bagi anda yang ingin mengunjungi dermaga point,bisa menggunakan transportasi angkot warna apa saja, karena hampir semua angkot melalui kawasan ini. So,tunggu apalagi?visit Palembang dan segera rasakan bersantai ala dermaga point.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline