Tulisan ini dibuat untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Prodi Manajemen Univesitas Trilogi untuk Mata Kuliah Komunikasi Pemasaran dengan dosen pengampu yaitu Dr. Kabul Wahyu Utomo,SE.,M.Si
Setiap perusahaan yang beroperasi tentunya ingin usaha yang dijalankan berjalan dengan baik, dan terus berkembang lebih besar. Salah satu cara yang perlu dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut ialah dengan melakukan kegiatan promosi. Promosi ini adalah hal yang sangat penting dalam mempertahankan dan meningktakan penjualan produk perusahaan.
Sebuah perusahaan pada dasarnya dapat membuat suatu program promosi yang efektif dengan merencanakan dan menerapkan teknik promosi secara sistematis, yang tentunya hal ini dilakukan melalui tahap evaluasi secara terus-menerus, hingga menemukan teknik yang paling tepat.
Perencanaan promosi merupakan proses mengoptimalkan penggunaan alat pemasaran, strategi, dan sumber daya untuk mempromosikan produk atau layanan dengan tujuan menghasilkan permintaan dan mencapai tujuan tertentu.
Rencana promosi terbaik terdiri dari beberapa langkah. Beberapa teknik promosi yang terbukti efektif untuk promosi perusahaan, diantaranya ada teknik branding, teknik segmentasi pasar, dan juga teknik positioning produk. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perencanaan promosi ini, yaitu :
Lakukan Analisis Situasi
Analis situasi merupakan langkah awal yang paling penting dalam perencanaan promosi. Analisis ini dapat dilakukan terhadap situasi permintaan, persaingan, pertimbangn hukum, keuangan, serta sumber daya manusianya. Jika situasi tersebut dapat dianalisis dengan tepat dan cermat, tentu kegiatan promosi akan berbuah hasil yang baik.
- Tetapkan Tujuan - Agar kegiatan promosi berjalan lebih efisien, pastikan untuk merencanakan dan mengaturnya dengan tepat. Tujuan promosi adalah untuk menciptakan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau memperkenalkan produk baru, denga
- Tetapkan Anggaran - Penetapan anggaran promosi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan promosi. Tujuannya agar kegiatan memperkenalkan produk ke konsumen dapat cepat dilakukan, jika semua persiapan sudah matang. Karena semakin cepat pengenalan produk pada pelanggan, maka semakin cepat pula kemungkinan pelanggan membeli produk.
- Manajemen Elemen Komponen Rencana Promosi - Dalam menjamin efektivitas komunikasi, berbagai sumber daya komunikasi perlu dimasukan kedalam rencana promosi. Beberapa sumber daya komunikasi promosi yang dapat digunakan seperti periklanan, reseller, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas.
- Lakukan Pengukuran Efektivitas - Setelah rencana promosi dibuat. Langkah selanjutnya adalah menguji promosi di beberapa segmen pasar yang telahdipilih untuk mengidentifikasi potensi atau masalah yang ada sebelum menerapkan promosi secara penuh. Perusahaan perlu melihat bagaimana efektivitas biaya promosi, bagaiamana kesadaran merek dari pelanggan, masalah yang dihadapi selama fase pengujian, tingkat respons pelanggan, dan faktor lain dalam perencanaan promosi yang telah dirancang.
- Lakukan Evaluasi Akhir - Kinerja rencana promosi perlu diperiksa terhadap standar dan tujuan yang ditetapkan serta sesuai dengan tindakan korektif yang diambil. Dalam melakukan evaluasi, semua faktor eksternal perlu diperhatikan seperti resesi ekonomi, permiintaan musinan, dan lainnya yang dapat berpengaruh pada keputusan pembelian pelanggan.
Dalam membuat rencana promosi, perusahaan perlu untuk mendetail unsur apa saja yang akan digunakan, sehingga unsur-unsur yang digunakan tersebut dapat dikoordinasikan dengan baik antara satu dengan yang lainnya.
Perencanaan Personal Selling
Dalam perencanaan ini meliputi target penjualan, startegi, anggaran, tujuan dan juga metode perhitungan dari hasil personal selling.
Perencanaan Iklan
Dalam perencanaan ini meliputi target iklan, tujuan, strategi, anggaran, dan lainnya yang berkaitan dengan hasil periklanan.
Perencanaan Publikasi
Dalam Perencanaan in meliputi target publikasi, tujuan, jadwal, dan saranan untuk mengukur hasil publikasi.
Perencanaan Promosi
Dalam perencanaan ini mencakup target dari promosi penjualan, strategi, tujuan, anggaran, saranan perngukuran, dan lainnya yang berkaitan dengan perencanaan promosi.
Tujuan dari promosi penjualan yang paling utama ialah untuk meningkatkan penjualan atau minat beli dari konsumen. Setelah melakukan perencanaan, perlu di tentukan teknik promosi apa yang akan digunakan.
Teknik Promosi adalah teknik yang digunakan untuk mengenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. teknik branding, teknik segmentasi pasar, dan juga teknik positioning produk merupakan teknik promosi yang biasa digunakan oleh beberapa peushaan dan terbukti cukup efektif.
Teknik Branding