Lihat ke Halaman Asli

Annisa Aulia Djati

XI IPS 1 - SMAN 28 Jakarta

5 Cara Belajar Efektif di Rumah

Diperbarui: 4 Oktober 2020   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Belajar merupakan sebuah kewajiban sebagimana predikatnya sebagai pelajar. Pelajar yang baik tentunya harus belajar dengan baik, memahami materi dengan baik, dan menguasai pejaran dengan baik untuk meningkatkan pengetahuan maupun keterampilan. Selama pandemi, tentunya intensitas belajar tidak seperti biasanya saat di sekolah. Namun apakah belajar sendiri dirumah sudah cukup efektif? Jika belum, mari simak 5 cara belajar efektif sendiri di rumah berikut:

Buat suasana belajar yang nyaman

Yang perlu dilakukan adalah bagaimana caranya agar dapat membangun suasana belajar dengan nyaman. Ada banyak cara yang dapat dilakukan mengenai hal ini, diantaranya: Anda bisa mencari tempat yang nyaman untuk tempat yang akan Anda pakai selama belajar, Anda juga dapat belajar sambil mendengarkan musik yang anda suka, atau Anda juga bisa mencari suasana udara yang sejuk untuk meningkatkan mood belajar Anda.

Merangkum pokok pembelajaran

Anda dapat mencatat pokok-pokok materi pembelajaran. Kenapa? Karena apabila Anda membaca satu buku penuh, maka anda akan memakan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan bacaan Anda. Ambilah inti atau pokok-pokok dari materi yang anda baca tersebut. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam menguasai dan memahami materi pembelajaran tersebut.

Belajar rutin tetapi jangan terlalu lama

Dengan rutin belajar, Anda akan semakin mudah untuk mengingat dan memahami materi pembelajaran yang sudah Anda pelajari. Yang perlu Anda lakukan adalah "belajar rutin" bukan "terlalu lama belajar". Anda bisa mengatur jam belajar anda dengan sistematis agar kegiatan belajar yang Anda lakukan bisa lebih efektif lagi.

Belajar bersama

Metode ini seringkali dikatakan sebagai metode yang ampuh dan juga efektif untuk membangun suasana belajar yang lebih santai dan juga asik. Pada masa pandemi ini, belajar kelompok dapat dilakukan melalui online meeting bersama teman-teman. Anda dapat mengulas pembelajaran bersama dan juga saling bekerja sama untuk memecahkan sebuah soal yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang sedang Anda pelajari bersama.

Mengulas kembali setiap pelajaran

Anda perlu mengulas kembali materi-materi yang sudah Anda pelajari agar dapat bisa menguasai materi tersebut secara keseluruhan. Dengan mengulas kembali setiap pelajaran, belajar sendiri di rumah akan jauh lebih efektif. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengingat materi apa saja yang sudah anda pelajari secara detail.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline