Lihat ke Halaman Asli

ANNISA AULIA

Penulis yang baru belajar menulis

Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

Diperbarui: 13 November 2022   17:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Judul: Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

      Zaman sekarang banyak remaja yang terjebak pergaulan bebas. Pergaulan bebas adalah suatu sikap atau prilaku yang dilarang agama dan menyimpang dari ajaran agama islam. Namun tetap masih banyak para remaja yang masih mabuk dengan pergaulan bebas seperti mabuk-mabukan, pacaran dan sebagainya.

     Pergaulan bebas ini bisa di atasi sebaik mungkin. Mungkin dari sendiri atau dari orang lain. Namun dengan dunia yang sudah semakin canggih ini jangan sampai terlena oleh rayuan dari hal yang akan menjerumuskan kita sendiri ke dalam dosa.

      Pergaulan bebas mempunyai dampak negatifnya, contohnya melakukan hal yang melanggar hukum, hamil di luar nikah, berhenti sekolah, dan juga bisa tawuran sesama teman beda sekolah. Pergaulan bebas ini mengacu kepada hal yang buruk yang akan merugikan diri kita sendiri. Pergaulan bebas ini timbul karena faktor dari orang tua sendiri, atau dari dirinya.

Faktor nya karena perceraian orang tua nya, atau mungkin karena nafsu yang terlalu tinggi. Akibatnya kita susah mengatur emosi diri dan terjadilah hal yang merugikan dan bahkan bisa berdosa. Dari pergaulan bebas orang tua juga bisa terkena imbas nya dan menanggung malu karena perbuatan anak nya sendiri contoh nya dengan hamil di luar nikah.

     Pergaulan bebas juga mengacu ke dampak positif nya, seperti kita bisa mempunyai banyak teman melalui media sosial. Belajar menggunakan komputer, menghormati dan mengendalikan diri di tengah masyarakat. Bahkan seseorang akan mudah untuk bersosialisasi dengan sesama nya atau yang lebih tua daripadanya.

      Pergaulan bebas yang serba bebas ini juga ada  hikmahnya. Tidak heran orang mudah saja berkenalan dengan satu sama lain. Karena media internet inilah orang tau segalanya tentang informasi dan berita yang aktual.

      Pergaulan bebas adalah suatu perilaku yang tidak baik yang harus dihindari. Pergaulan bebas juga memiliki dampak negarifnya, seperti berzina, hamil di luar nikah dan sebagainya. Pergaulan bebas ini bisa di atasi dengan menjaga diri dengan baik dan bijak lah dalam menilai sesuatu.

     Sebaiknya kita sebagai pelajar agar berhati hati memakai media internet dan teknologi supaya kita selalu berada di jalan kebenaran. Bagi orang tua ayo awasi anak nya supaya tidak terjerumus kedalam jurang kemaksiatan. Dengan memilih tontonan yang baik dan pemanfaatan teknologi dan internet sebaik mungkin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline