Lihat ke Halaman Asli

Annisa Tri Ramdhania

Sejarah Peradaban Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Apakah Kepribadian Anda Disukai Orang Lain atau Tidak?

Diperbarui: 18 Desember 2022   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sempatkah anda melihat kepribadian seseorang yang bagi Anda aneh? Sempatkah Anda mempunyai seorang teman ataupun saudara yang mempunyai perilaku mengagumkan, semacam senang membantu, cermat terhadap peluang, serta kreatif Dan, sempatkah tebersit dalam isi kepala Anda, bagaimana dapat seseorang berlagak sedemikian itu menjengkelkan, ataupun kebalikannya, amat menyenangkan?

Pada dasarnya, kepribadian orang hanya berdasarkan 2 ragam, yaitu kepribadian positif serta negatif. Seseorang yang berkepribadian positif pasti selalu menggunakan daya pikirnya dengan positif pula. 

Bisa dipastikan bila orang yang selalu menggunakan pikirannya secara positif maka respons di luar dirinya pun akan positif. la tidak akan memiliki masalah dengan pekerjaan, keluarga, juga dengan pergaulannya di masyarakat. Berikut beberapa ciri orang yang berkepribadian positif:

Beriman

Orang yang berkepribadian positifdi dalam jiwanya pasti akan mengagungkan Tuhan. Tatkala dirundung masalah, ia pasti dapat tenang dan tersenyum, lantaran dalam jiwanya terdapat kepasrahan dan kepercayaan terhadap kebesaran dan kemurahan hati Tuhannya.

Penuh Solusi

Orang yang selalu menggunakan pikirannya secara positif pasti akan tetap fokus pada tahapan-tahapan proses yang sudah direncanakan. Ia akan berkosentrasi penuh dan tetap melaju menuju titik terakhir perjuangannya, yakni kesuksesan. Meski aral melintang di tengah perjalanan pencapaiannya, ia tidak akan menyerah. Ia akan bergegas mencari solusi terhadap kesulitan-kesulitan yang melandanya. Dengan tetap tenang dan fleksibel, ia pasti bisa mencari penyelesaiannya. Jadi, masalah dan kesulitan tidak akan memengaruhi kehidupannya.

Cara Pandangnya Jelas

Pemilik kepribadian positif pasti memiliki cara pandang yang jelas. la tahu sesuatu yang diinginkan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. la juga mengerti alasan menginginkan sesuatu, waktu menginginkannya, dan cara mendapatkannya. la pun akan mengarahkan seluruh potensinya untuk mencapai tujuannya. 

Walau begitu, rencana-rencana aktivitasnya selalu fleksibel. Sehingga, ketika ada hambatan di tengah jalan, ia tidak menganggapnya sebagai akhir sebuah pencapaian, melainkan sebaliknya, yaitu menghadapinya dengan mental yang stabil dan kedewasaan pikirannya.

Setiap manusia pasti memilikİ sisi baik dan sisi buruk dalam dirinya. Biasanya, orang yang memiliki kepribadian negatif, kondisi hati dan pikirannya selalu rumİt dan dipenuhi prasangka-prasangka buruk. Sebab, pondasi kejiwaannya sudah tidak baik sehingga perilaku yang dimunculkan juga cenderung tidak baik. Dalam memandang seseorang, ia akan melihat dengan "kacamata" yang negatif. Adapun beberapa ciri orang yang berkepriba dian negatif adalah sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline