Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Karyawan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di PT. ARTERIA DAYA MULIA (ARIDA)

Diperbarui: 31 Januari 2023   08:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

GAMBAR 1

Menurut (Handoko), Training atau pelatihan ditujukan untuk meningkatkan penguasaan berbagai teknik dan keterampilan pelaksanaan kerja secara rutin dan terinci. Dapat dikatakan, pelatihan mempersiapkan para karyawan dalam melakukan berbagai pekerjaan saat ini. Sementara pengembangan memiliki ruang lingkup yang lebih luas untuk upaya meningkatkan dan memperbaiki kemampuan, pengetahuan sifat, sikap, dan kepribadian.

Pelatihan dan pengembangan mempunyai fungsi penting untuk mengembangkan kerja karyawan. Salah satunya untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan pengembangan secara keseluruhan terhadap produktivitas  kerja karyawan di PT. Arteria Daya Mulia (ARIDA). PT. Arteria Daya Mulia (ARIDA) adalah perusahaan manufaktur jaring ikan dan ditempatkan pada bagian produksi jaring. Lokasi nya di Jl. Dukuh Duwur No.46, Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Dan merupakan produsen jaring ikan terbesar di Asia tenggara.

Pada PT. Arteria Daya Mulia (ARIDA), Pelatihan dan Pengembangan karyawan sangat penting karena dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang sesuai untuk melaksanakan pekerjaan dari setiap bagiannya. Manfaat pelatihan dan pengembangan bagi perusahaan yaitu untuk kebutuhan data-data pelatihan atau data-data intruksi kerja karena PT. Arteria Daya Mulia menggunakan ISO, sedangkan manfaat untuk karyawan yaitu untuk adanya sertifikasi. 

Tujuan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan di perusahaan ini supaya karyawan mampu serta mandiri dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. PT. Arteria Daya Mulia juga menyediakan fasilitas untuk pelatihan dan pengembangan seperti ruangan khusus rapat.

Pengembangan bisa dari proses pelatihan, misalnya kebutuhan pelatihan untuk administrasi karena dalam perusahaan ini menggunakan program komputerisasi, jadi administrasi butuh pengembangan mengenai komputerisasi harus diarahkan cara penginputannya, cara membuat surat tanda terimanya. Pelatihan yang dilakukan oleh karyawan baru biasanya rekrutmen dari luar. Retrutmen dari luar itu ketika perusahaan ini membutuhkan karyawan, karena cara tersebut lebih cepat dibandingkan harus mengiklankan ke media sosial atau membagikan brosur. 

Perusahaan ini menggunakan peraturan Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law on Job Creation) dengan tidak melakukan training tetapi langsung kontrak tiga bulan, ketika dalam melakukan pekerjaannya bagus diperpanjang kontrak sedangkan kalau buruk ketika melakukan pekerjaannya akan diberhentikan. Dan dilatih oleh pembimbing setiap bagiannya masing-masing. Pelatihan itu dibagi menjadi dua yaitu on the job training dan job training. On the job training mengajarkan skill atau keahlian, sedangkan job training langsung ke lapangan.

Perusahaan mengevaluasi pelatihan tersebut bisa dilihat dari kinerjanya karyawan bagian masing-masing menguasainya atau tidak. Setelah melaksanakan pelatihan mendapat keuntungannya untuk mengubah perilaku karyawan yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Hasil setelah melakukan pelatihan yaitu menambah ilmu, meningkatkan wawasan tentang teknik yang dibutuhkan saat pelatihan itu sendiri, terutama adanya koordinasi antar bagiannya. Hambatan ketika pelatihan dan pengembangan di PT. Arteria Daya Mulia sejauh ini tidak ada karena sesuai dengan ketentuan dan juga sudah berjalan efektif.

                  

GAMBAR 2

Dosen Pembimbing : Lisa Harry Sulistiyowati., SE., MM.

Nama anggota kelompok :

  1. Nezia Salsabilla                       (121020305)
  2. Silva Margareta                       (121020314)
  3. Annisa Nurul Bariroh           (121020674)
  4. Kamila Syahra Maulida       (121020675)

Mahasiswa Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Swadaya Gunung Jati




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline