Lihat ke Halaman Asli

Urgensi Ilmu Pendidikan Dalam Mendukung Keberhasilan Proses Pembelajaran di Setiap Jenjang Pendidikan

Diperbarui: 21 Februari 2022   21:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahuluan

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting pada masa sekarang ini. Melalui pendidikan akan diperoleh manusia yang cerdas, terampil dan mampu memenuhi tuntutan pembangunan. Dalam bidang pendidikan terdapat proses pembelajaran. Menurut Sunhaji (2014: 32-33) pembelajaran merupakan usaha untuk membuat siswa belajar, sehingga adanya perubahan tingkah laku. Dalam proses pembelajaran terdapat guru dan siswa, guru sebagai pemberi dan penyedia materi atau sering disebut juga sebagai fasilitator dan siswa sebagai penyerap materi atau informasi.

Sebagai pendidik, guru harus memiliki metode, keterampilan, dan media dalam pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk memudahkan siswa paham dengan materi pelajaran yang diberikan guru dan guru dapat menguasai kelas ketika mengajar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah adanya ilmu pendidikan untuk seorang guru. Maka dari itu melalui artikel ini penulis ingin menjelaskan mengenai Urgensi Ilmu Pendidikan dalam Mendukung Keberhasilan Proses Pembelajaran di Setiap Jenjang Pendidikan.

Isi 

Ilmu pendidikan, berasal dari dua kata yaitu ilmu dan pendidikan. Menurut UU Republik Indonesia No 20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Sebagaimana pengertian diatas, ilmu pendidikan memiliki tujuan yaitu pada saat proses pembelajaran siswa menjadi aktif. Aktif disini maksudnya adanya hubungan dua arah antara siswa dan guru. Jika dalam proses pembelajaran hanya guru saja yang aktif dan siswa tidak hal ini akan membuat proses pembelajaran menjadi bosan. Melalui ilmu pendidikan yang dimiliki seorang guru hal ini lah yang akan membantu menghindari hal tersebut terjadi. Disinilah akan terlihat urgensi ilmu pendidikan terhadap proses pembelajaran.

Berdasarkan buku Pengantar Ilmu Pendidikan karangan Munir Yusuf 2018, didalam ilmu pendidikan dipelajari mengenai Administrasi Pendidikan salah satunya adalah administrasi kurikulum dan juga implementasi kurikulum dalam proses pembelajaran. Munir Yusuf dalam bukunya mengungkapkan kurikulum merupakan acuan/ rencana pembelajaran sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tercapainya tujuan pembelajaran. Di dalam kurikulum terdapat isi pelajaran, bahan pembelajaran, metode yang digunakan dan sebagainya.

Penggunaan keterampilan, metode, dan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa akan menghasilkan siswa dengan nilai yang baik dan juga sikap yang baik. Misalnya menggunakan metode pendekatan lingkungan pada pembelajaran biologi materi Keanekaragaman Hayati, adanya keterampilan memberi penguatan yang dimiliki seorang guru ketika memberikan penguatan saat selesai presentasi proses, penggunaan media pembelajaran yang menunjang dan sebagainya.

 Sehingga disini dapat dilihat bagaimana urgensi, pentingnya ilmu pendidikan terhadap keberhasilan siswa di setiap jenjang pendidikan. Apabila seorang guru tidak mengetahui ilmu pendidikan ini maka akan berdampak terhadap proses dan hasil pembelajaran siswa.

Penutup

Ilmu Pendidikan memegang peranan penting, urgensi terhadap proses pembelajaran. Melalui ilmu pendidikan, salah satunya guru mempelajari tentang kurikulum yang dimana kurikulum tersebut memuat mengenai isi pelajaran, bahan pembelajaran metode yang digunakan dan sebagainya. Penggunaan metode, media, dan keterampilan mengajar dalam proses pembelajaran tergantung terhadap kondisi siswa baik itu pada jenjang pra-sekolah, dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Penggunaan yang tepat akan menghasilkan proses pembelajaran yang aktif, efektif, menyenangkan dan hasil belajar yang memuaskan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline