Lihat ke Halaman Asli

ANNISA SALSABILLA

Mahasiswa UMY

KKL (Kuliah Karo Liburan), Special Kuliah Kerja Lapangan Singapore-Malaysia Membentuk Investasi Masa Depan

Diperbarui: 28 Januari 2024   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universal Studios Singapore

KKL Internasional-Sangat unik sebagai bagian dari syarat kelulusan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mewajibkan untuk Fakultas Pendidikan Bahasa khususnya Pendidikan Bahasa Arab untuk melakukan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) KKL Internasional ke Singapore-Malaysia tidak hanya memberikan kegiatan akademik yang bermanfaat, tetapi juga pengalaman wisata yang mempererat keakraban antar mahasiswa khususnya angkatan 2020 dan dosen pembimbing akademik (DPA).

Hari pertama kami melakukan KKL yaitu keberangkatan dari Yogyakarta International Airport tanggal 9 Januari 2024 lalu sampai ke Bandara Singapore Jewel Changi Airport dengan selamat dan bahagia dan bisa menjelajahi berbagai tempat wisata menarik seperti Jewel Changi Airport, Merlion Fountain, Garden by the Bay, dan Universal Studios Singapore. Kami sangat excited dan senang saat tour ke negara Singapore, karena negara Singapore merupakan negara paling bersih, sangat disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan, menjadi negara yang sangat maju, dan berkembang sangat pesat. hal ini patut dijadikan contoh untuk negara manapun apalagi untuk hal kebersihan negara.

Hari kedua tujuan kita yaitu Malaysia, di Malaysia kami mengunjungi Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), University Teknologi MARA (UiTM) untuk memenuhi salah satu tujuan kami pergi KKL yaitu pemaparan hasil tulisan dan penelitian mahasiswa yang dipresentasikan dan didiskusikan bersama dengan dosen dan mahasiswa di unviersitas-universitas yang dikunjungi selama KKL. Kami juga banyak mengunjungi banyak tempat wisata dan tempat edukasi seperti pusat pemerintahan Putrajaya, menikmati wisata malam di I-City, Istana Negara, Rihlah Nabawiyyah, wisata malam di KLCC, berbelanja oleh-oleh khas Malaysia di Pasar Seni dan super market meiden.

Perjalanan yang singkat sehingga tanpa kita sadari sudah tiba waktunya untuk kembali ke Indonesia, pada tanggal 13 Januari 2024 kita dari Kuala Lumpur Internasional Airport dengan penuh kenangan indah yang selalu melekat diingatan, begitu perih dan sedih rasanya ketika perjalanan pulang karena tidak tahu kapan lagi bisa merasakan keluar negeri bersama teman seangkatan yang sudah banyak mengukir kisah manis dan pahitnya selama dibangku perkuliahan. Semoga dengan KKL kita bisa banyak mendapatkan hal positif seperti bertambahnya pengetahuan akademik, tetapi juga tentang memperkaya pengalaman, memperluas wawasan, dan mempererat keakraban antar mahasiswa khususnya angkatan 2020 dan dosen pembimbing akademik (DPA).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline