Lihat ke Halaman Asli

Berikut Sistem Saraf Manusia Tahun Pertama Kelahiran

Diperbarui: 18 April 2022   00:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tahapan perkembangan saraf tahun pertama kelahiran:

Ketika bayi lahir di dunia dan sampai berusia 2 tahun, neuron dalam korteks otak dengan sendirinya akan membentuk sinaps. Ketika masa pembuatan sinaps, otak akan memperoleh zat gizi baik. Sel saraf belum berkembang secara keseluruhan ketika bayi berusia 0-6 bulan. Ketika sudah matang akan ditandai dengan akson yang mulai terbentuk begitupun dengan sinaps, sinaps ini juga akan terbentuk dan membuat komunikasi dengan setiap bagian tubuh dan otak. Ketika tahun pertama pertumbuhan serta perkembangan otak manusia akan sangat pesat hingga kelahiran sampai 1000 hari pertama . Yang mengalami pertumbuhan paling cepat salah satunya adalah otak kecil.

Sistem otak tahun pertama kelahiran:

Ketika seorang bayi lahir, maka akan memiliki ukuan otak sekitar 60% dibanding dari ukuran otak orang dewasa. Dan ukuran otak seorang bayi akan membesar sekitar 3 kali lipat saat tiga bulan pertama setelah dia lahir.

Stimulasi saraf bayi tahun pertama:

Agar otak berkembang serta dapat memahami informasi yang didapat, maka stimulasi dibutuhkan oleh bayi. Ketika tidak ada stimulasi yang dikenalkan pada bayi, maka jaringan sel akan mati dan kecerdasan anak berpotensi akan hilang. Berikut contoh stimulasi yang tepat untuk bayi pada tahun pertama:

1). Mengajak bicara, hal ini dapat bermanfaat bagi perkembangan bayi.

2). Memberikan sesuatu untuk dapat diraba, hal ini dapat mengajarkan bayi tentang tubuh serta lingkungannya terutama dengan menggunakan indra peraba dan penting untuk perkembangan sistem sensorik bayi. Selain itu juga untuk perkembangan keterampilan tangan serta jari pada keterampilan motorik halus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline