Lihat ke Halaman Asli

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) di Balikpapan (Keadaan Ketika Tidak Ada yang Mengenalmu)

Diperbarui: 4 April 2017   17:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

141518256454981317

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar atau membaca kata STAN?

Bukan Stan bazar, baju atau yang lain. Tapi yang satu ini adalah tentang Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Seperti yang kita ketahui, sekolah tinggi dan universitas di Indonesia ada bermacam-macam. Ada yang termasuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), dan masih banyak lagi. Yang termasuk PTN di Indonesia itu seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Jember, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dan masih banyak lagi yang belum tercantum (hehehe... ). Nah.. untuk PTS-nya, ada Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Trisakti, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah, UPN, Universitas Merdeka, dll. Untuk PTK sendiri di Indonesia juga tidak kalah banyak. Ada STAN, STIS, IPDN, AMG, ATKP, AIM, dll.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang STAN ( http://stan.ac.id ). Apa itu STAN?? Mungkin masih ada yang tidak mengerti dan tidak tahu tentang perguruan tinggi yang satu ini. STAN merupakan kependekan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Kementrian Keuangan dengan tugas menyelenggarakan Pendidikan Program Diploma bidang keuangan untuk menghasilkan SDM yang siap kerja di instansi-instansi pengguna di lingkungan Kementrian Keuangan dan instansi lainnya di pusat dan di daerah . STAN menyelenggarakan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga di bidang keuangan dengan spesialisasi tertentu seperti Akuntansi, Perpajakan, Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Kepiutanglelengan yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai pada unit-unit dalam instansi pemerintah lainnya..

Di beberapa tempat di Indonesia, kata STAN mungkin tidak asing lagi. Khususnya di beberapa tempat di Indonesia, anak SMA-an pasti mengenal nama itu. Tidak hanya anak-anaknya, namun juga para orangtua tidak canggung lagi mengatakan kata “STAN”. Bagaimana tidak? Banyak orang berkompetisi untuk masuk PTK tersebut. Banyak orang tua yang memimpikan anak-anaknya masuk STAN. Mereka harus mengalahkan beribu-ribu orang dulu untuk lolos tahap 1, 2, dan 3. Tesnya pun tidak mudah. Harus bersaing dengan para peserta se-Indonesia. Kampus utama STAN yang megah berada di Jakarta. Sedangkan selebihnya, dititipkan di 11 lokasi pendidikan di seluruh Indonesia. Tepatnya di Balai Diklat Keuangan (BDK) yang tersebar dari Medanhingga Manado.

Nah.. kebetulan sekali saya tahun ini mendapat lokasi pendidikan di kota bersih dan nyaman se-Indonesia bahkan nomor 2 se-Asia Tenggaran, yaitu Balikpapan. Saya dengan senang hati dari Jawa ke Kalimantan untuk menimba ilmu di kota minyak ini. Tapi sayangnya, orang-orang di sini tidak tau apa itu STAN??!! Berbanding terbalik sekali dengan apa yang saya rasakan di tempat tinggal saya. Di sekitar BDK Balikpapan tidak ada yang mengenal STAN. Bahkan ketika ditanya

X : sekolah ya dek?

S: iya pak.

X: dimana dek?

S: di STAN pak.

X: oh.. sekolah baru ya?

OMG (--_--“)

Padahal untuk di terima di STAN perjuangannya sungguh LUAR BIASA. Seragam STAN di sini memang memakai atasan putih dan bawahan hitam. Jangan harap nanti orang-orang akan terpukau dengan seragam itu. Mereka pasti mengira bahwa saya adalah anak SMK atau SMA. Parahnya lagi pasti akan di kira sebagai mbak-mbak atau mas-mas sales. Miris sekali.

STAN Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di Balikpapan nah.. itu lah identitas kamidi sini (Balikpapan). Nama STAN harus mengharum di kota minyak ini hehehee... Semoga tidak akan ada yang salah lagi mengenali kami dan semakin banyak kawan-kawan se-almamater yang berasal dari kota minyak ini. (AMIN).



Semoga masyarakat Balikpapan lebih mengenal PTK ini. Dan Semoga sedikit info dan pengalaman saya dapat bermanfaat :)

Salam

@annditaa

Perubahan untuk Indonesia!!!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline