Lihat ke Halaman Asli

Anna Silvia

Mahasiswa IAIN Jember

Motifasi untuk Anak

Diperbarui: 10 April 2020   09:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Untuk menjadi seorang guru, haruslah banyak banyak memberi motifasi kepada muridnya, baik dalam hal apa pun. Memberi motifasi bukan hanya dengan kata kata yang selaku disampaikan pas jam pelajaran bahkan memberi sesuatu dalam segi hadiah, agar anak merasa dihargai atas apa yang telah dia kerjakan. Juga bisa menjadi dorongan untuk anak agar lebih semangat dalam belajar.

Memberi hadiah atau sebuah penghargaan itu bukan untuk membuat yang lain iri atau pilih kasih kepada murid, tapi sebaiknya guru juga menjelaskan bahwa pemberian tersebut untuk memberi penghargaan atau pen jadi dorongan agar menjadi lebih baik, juga bukan hanya untuk dirinya sendiri yang mendapatkan hadiah tapi juga untuk murid lain untuk menjadi lebih semangat dalam belajar.

Juga seorang guru harus dapat memahami atau menjelaskan maksut dari hadiah tersebut,jangan malah membuat yang lain iri atau bersikap yang lain. Memberi atau yang kain bisa dilakukan dengan maksut yang baik juga, agar murid dapat mempertahankan prestasinya dan yang lain lain.

Juga sebagai orang tua dirunah, wajib memberi sebuah motifasi yang baik juga, semua harus dilakukan secara seimbang, jangan membandingkan anak dengan orang lain, hal itu malah akan mengakibatkan anak menjadi malas bahkan menolak semua perintah orang tua. Bersikaplah adil dalam mendidik, baik dalam sekolah maupun luar sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline