Lihat ke Halaman Asli

Anna Silvia

Mahasiswa IAIN Jember

Pentingkah Keridhoan Seorang Guru?

Diperbarui: 4 April 2020   05:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dari terjemah kitab ta'limul muta'alim yang saya baca, keridhoan seorang guru sangat lah berpengaruh bagi murid, karena do'a dan ridho nya adalah kunci dari keberhasilan kita, dan awal dari semua kesuksesan kita.

Banyak orang pintar tapi belum tentu dia jadi orang sukses, bahkan menjadi apa yang dia inginkan, banyak juga orang yang biasa biasa saja tapi malah sebaliknya dia menjadi orang yang terpandang martabatnya dan menjadi seseorang yang di hormati dikalangan masyarakatnya, semua itu adalah salah satu dari keridhoan seorang guru.

Semua orang bisa berhasil layaknya apa yang ia inginkan tapi kunci utama dari keberhasilan tersebut adalah keridhoan seorang guru. Ridho orang tua juga sangatlah penting, hanya saja guru lebih utama disaat kita ada di sekolahan maupun pesantren yang lebih memuliakan guru ketimbang orang tuanya.

Guru sangatlah mempunyai peran penting bagi seorang murid, seumpama kalau ada seorang murid yang tidak memenuhi standart kemampuan dalam belajar seperti murid lainnya, maka guru yang akan mendapat teguran bukan hanya dari guru lain bahkan dari wali murid yang menanyakan kenapa kemampuan anaknya sangatlah terbatas, utu semua tergantung guru.

Jadi bagi kita harus dapat mengetahui bidang bidang yang memang bisa dilakukan oleh seorang murid, karena setiap murid mempunyai hoby, keahlian, dan pemikiran yang berbeda beda.

Dan seorang wali murid jangan hanya menyalahkan seorang guru karena anaknya tidak memenuhi standard, tapi ketahuilah bahwa seorang anak itu mempunya bakat yang berbeda beda. Kewajiban seorang guru hanya menyampaikan pelajaran yang seharusnya di sampai kan.

Dari pelajaran kitab ta'limul muta'alim yang saya mengerti, bahwa hakikat guru hanya memberi keridhoan atas perjalanan seorang muridnya, dan seorang murid janganlah membuat guru menjadi murka kepada kita, karena itu sangatlah menjadi hal yang tidak diinginkan suatu saat nanti, entah dari keberhasilan kita, ataupun yang lainnya. Dan dari keridhoan seorang guru, bukan berarti kita akan selalu susah dalam segala hal, ilmu kita hilang dalam sekejap, akan tetapi kita tidak akan mengetahui dari mana kesulitan kita, bisa saja dalam mencari pekerjaan, bahkan bisa saja kita sudah S2 tapi hanya menjadi pengangguran dirumah, dan banyak lainnya.

Jadi taati semua perintah guru, jangan buat dia murka karna kita, doakan setiap selesai sholat dan jangan lupa mencari keridhoanya. Karna itu akan menjadi salah satu kunci dari kesuksesan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline