Kelebihan metode pembelajaran pada Aspek sosial emosi yang ada di Tk aisyiyah bustanul athfal 1 kebayoran baru jakarta selatan
saya annas widianto mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dari prodi psikologi dengan nim 1908015042 ingin menyampaikan hasil dari intake data observasi dan wawancara dari Tk aisyiyah bustanul athfal 1 kebayoran baru jakarta selatan.
Tk aisyiyah bustanul athfal 1 kebayoran baru jakarta selatan itu awalnya terbentuk dari ibu ibu pengajian aisyiyah , jadi yang mendirikan aisyiyah itu ibu nyai ahmad dahlan atau nyai siti walidah , kalau di tk aisyiyah itu pengen menciptakan anak anak yang berwawasan baik, terutama dalam segi agama ya,jadi kita lebih mendominasikan keagamaanya dan anak anak yang cerdas.
Adapun visi dari Tk aisyiyah bustanul athfal 1 kebayoran baru jakarta selatan ini adalah untuk mewujudkan Terciptanya system pendidikan pra sekolah yang kondusif, demokratis, islami dan diridhoi Allah SWT, dalam rangka mengembangkan potensi anak sejak dini sesuai kemampuan dan tingkat perkembangannya. Dan misinya adalah sebagai berikut :
1. Membekali perkembangan anak dengan keimanan sehingga mereka menjadi anak beriman dan bertaqwa
2. Mengembangkan potensi anak sedini mungkin
3. menciptakan suasana kondusif dan demokratis dalam perkembangan dan pertumbuhan anak selanjutnya.
Asas dasar dari Tk aisyiyah bustanul athfal 1 kebayoran baru jakarta selatan adalah lebih mengarahkan keislaman seperti sholat , hadist , doa doa sesuai buku panduan yang ada.
Anak usia dini merupakan anak dengan rentan usia usia 0 – 6 tahun ,Pada dasarnya anak akan mengalami 2 pertumbuhan dikutsertakan perkembangan yang cukup cepat dan tidak akan tergantikan di masa yang akan mendatang sehingga masa ini bisa dikatakan sebagai masa di usia emas . Masa usia emas ini juga berpengaruh terhadap pada tahap pertumbuhan kembang yang akan mendatang. Menurut (Trianto, 2011: 7) Sebab Masa ini hanya akan terjadi langsung satu kali dalam seumur hidup setiap orang . Jadi hal ini adalah suatu proses tumbuh kembang pada masa ini dan harus sangat benar – benar diperhatikan oleh guru maupun orangtua agar tidak terjadinya ketidakseimbangan pada anak usia dini.
Adapun Selain dari itu, masa di usia dini ini bisa disebut seperti periode sensitif yang sangat harus diperhatikan. Menurut (Musringati, 2017: 1) yang mana dasarnya pada periode ini adalah sebuah kematangan pada fungsi fisik anak dan psikis anak yang harus sudah mulai siap untuk bisa merespon stimulasi yang bisa diberikan terhadap situasi lingkungan sekitarnya. sebab hal itu, merupakan bagian dari seluruh kebutuhan untuk tumbuh berkembangnya pada anak harus bisa dipenuhi secara baik supaya bisa tumbuh berkembang dengan langsung secara optimal atau maksimal.