Lihat ke Halaman Asli

Anna khusnul

universitas Diponegoro

Cegah Stunting dengan Melakukan USG Sesuai Aturan Kesehatan! KKN Undip Bagi Info Pengenalan USG

Diperbarui: 9 Agustus 2023   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pemalang (30/07/2023), KKN TIM II Undip kali ini mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan."

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa KKN Undip 2023, adalah penyuluhan terkait pengenalan Ultrasonografi 2D/3D/4D disalah satu rumah warga RT 02 yaitu di rumah Bapak Tasrib desa Gunungbatu, Kecamatan Bodeh, Kab. Pemalang.

Ultrasonografi (USG) adalah metode pencitraan medis yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar struktur dalam tubuh manusia. USG sering digunakan untuk melihat perkembangan janin dalam kandungan selama kehamilan, tetapi juga digunakan untuk melihat organ-organ tubuh lainnya. Terdapat perbedaan antara USG 2D, 3D, dan 4D dalam hal cara pengambilan gambar dan jenis informasi yang dapat diberikan.

Penyuluhan ini bermanfaat untuk Masyarakat Gunungbatu karena fasilitas Kesehatan ditempat kurang memadai jadi dapat memberikan informasi saat melakukan pemeriksaan.

Kegiatan dihadiri oleh beberapa ibu hamil yang ada RT 02 saja karena jarak wilayah desa yang tidak berdekatan. Ibu hamil sangat antusias dalam menghadiri kegiatan ini bahkan mereka mengucapkan banyak terima kasih karena sudah diberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Diadakannya penyuluhan ini diharapkan para ibu hamil dapat menjaga Kesehatan kehamilan agar terhindar dari resiko kelainan dan stunting pada anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline