Kamis, 1 Agustus 2024 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kolaboratif (KKN-K) #3 Posko 107 melakukan kegiatan sosialisasi "Peningkatan Kesehatan dan Perekonomian Desa melalui Pemanfaatan Daun Kelor". Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu PKK dan kader yang bertempat di Balai Desa Umbulrejo. Pengadaan program ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan inovasi, pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan masyarakat di Desa Umbulrejo.
Mahasiswa KKN-K Kelompok 107 mengenalkan produk kukis yang diberi nama "MOCU". MOCU merupakan singkatan dari 'Moringa Cookies Umbulrejo' yang sesuai namanya pembuatan Cookies menggunakan bahan dasar daun kelor. Bersama dengan Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan para kader dari Desa Umbulrejo, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember, Mahasiswa KKN-K Posko 107 melakukan sosialisasi mengenai khasiat, pengolahan serta cara pemasaran produk via media digital.
Melalui kegiatan sosialisasi, diharapkan akan memperoleh inpirasi dalam mengolah daun kelor dan dapat memberikan motivasi untuk dijadikan usaha sehingga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di Desa Umbulrejo. Selain itu, Mahasiswa KKN-N 107 Posko 107 mengambil peran dalam menyusun materi untuk memberikan pemahaman akan khasiat dan kandungan yang terdapat dalam daun kelor (Moringa Oleifera L.). Sebagaimana diketahui bahwa daun kelor mengandung protein, beta karoten, kalsium, kalium, zat besi dan magnesium sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan nilai gizi serta tumbuh kembang anak. Setelah itu, dilakukan sesi pemberian materi dilakukan sharing session bersama ibu-ibu PKK dan kader.
Adapun untuk kegiatan selanjutnya dengan mempraktekkan cara membuat kukis dari bahan dasar serbuk daun kelor kepada ibu PKK dan kader. Pertama-tama, Mahasiswa KKN-K Posko 107 menjelaskan alat dan bahan yang digunakan serta memperagakan tahap-tahap pembuatan kukis "MOCU". Sementara itu, ibu-ibu PKK dan kader terlihat antusias mengamati dan mencoba sendiri dari setiap tahap yang diajarkan serta ikut menginformasikan aneka olahan makanan dari daun kelor selain berupa kukis.
Dalam upaya meningkatkan daya saing berwirausaha di era digital, KKN-K Kelompok 107 juga melakukan kegiatan sosialisasi digital marketing yang dapat dijadikan ide untuk mempromosikan produk. Adapun topik penting yang dibahas pada sosialisasi ini diantaranya mulai dari pemaparan definisi, jenis media dan cara memasarkan produk daun kelor secara efektif melalui platform digital. Keberadaan media digital memungkinkan penyebaran informasi dengan cepat, interaktif dan luas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H