Lihat ke Halaman Asli

Angel Simanjuntak

Mahasiswa universitas Pamulang prodi pendidikan Ekonomi

Kurikulum Berbasis Teknologi Membangun Pendidikan yang Adaptif dan Inovatif di Indonesia

Diperbarui: 16 Juni 2024   13:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kurikulum adalah rencana atau panduan yang menguraikan tujuan, tujuan, dan metode instruksional yang akan digunakan untuk mengajar dan belajar subjek atau mata pelajaran tertentu. Kurikulum biasanya mencakup tujuan pendidikan yang spesifik, deskripsi materi yang akan diajarkan, dan deskripsi metode instruksional yang akan digunakan untuk mengajar materi tersebut.

Implementasi teknologi dalam kurikulum pendidikan di Indonesia merupakan hal yang sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global di era digital. Beberapa langkah yang dapat diambil dalam implementasi ini antara lain:

1. Penyediaan Akses Teknologi, Penting untuk memastikan bahwa semua sekolah, terutama yang berada di daerah pedesaan, memiliki akses yang memadai terhadap teknologi seperti komputer, internet, dan perangkat mobile.

2. Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi, Kurikulum pendidikan perlu disesuaikan dengan kemajuan teknologi. Ini termasuk integrasi konsep-konsep teknologi seperti pemrograman, kecerdasan buatan, dan teknologi informasi ke dalam mata pelajaran yang ada.

3. Pelatihan Guru, Guru perlu dilatih untuk menggunakan teknologi dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Mereka perlu memahami bagaimana mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum dan menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif.

Jadi kurikulum berbasis teknologi ini macakup beberapa hal, seperti peran guru
Dalam mengajar dengan menggunakan teknologi dalam kurikulum, peran guru adalah untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran dan menggunakan alat dan sumber daya digital untuk mendukung dan memperluas pengalaman belajar siswa. Ini termas perangkat lunak pendidikan, video, game, dan sumber daya online lainnya untuk mendukung dan memperluas materi pelajaran.

Guru juga harus mengajarkan siswa cara menggunakan teknologi dan bagaimana mengakses dan menggunakan sumber daya digital dengan aman dan bertanggung jawab. Selain itu, guru harus mengidentifikasi cara-cara di mana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan mengidentifikasi tantangan potensial atau batasan dalam mengajar dengan menggunakan teknologi. Secara keseluruhan, peran guru dalam mengajar dengan menggunakan teknologi dalam kurikulum adalah untuk memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dan membantu mereka menjadi pembelajar yang lebih terampil dan adaptif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline