Lihat ke Halaman Asli

Anjelika anjelika

S1 Kesehatan Masyarakat

Tak Perlu Alkohol, Mahasiswa Undip Ajarkan Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih

Diperbarui: 10 Februari 2021   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan  sosialisasi pembuatan Hand Sanitizer daun sirih di RT 04 RW 1 Kelurahan Meteseh (Dokpri)

Semarang (3/1/2021) - Semakin meningkatnya jumlah kasus covid-19 sejak bulan desember 2019 hingga sekarang, menyebabkan masyarakat mengalami kekhawatiran terinfeksi virus corona. Hal ini menyebabkan handsanitizer menjadi salah satu barang yang wajib di bawa kemana saja. Sebab hand sanitizer terbukti secara klinis mampu mengurangi bakteri, kuman dan virus yang menempel pada tangan manusia.

Namun, kebutuhan akan benda satu ini tampaknya semakin meningkat di tengah pandemi covid-19 yang merebak ke seluruh dunia. Tidak perlu khawatir, hand sanitizer dapat di  produksi sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang ada disekitar contohnya seperti saun sirih dan jeruk nipis.

Sehubungan dengan pelaksanaan KKN UNDIP Tim 1 tahun 2021, salah satu mahasiswa KKN yaitu Anjelika yang merupakan mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro mensosialisasikan pembuatan hand sanitizer tanpa menggunakan alcohol melalui program kerja KKN yaitu "Sosialisasi Pemamfaatan Daun Sirih Sebagai Bahan Pembuatan Hand Sanitizer". Program ini bertujuan agar warga RT 04 / RW 01 Kelurahan Meteseh terutama ibu-ibu untuk lebih mandiri dalam membuat Handsanitizer untuk keluarga nya.

Kegiatan sosialisasi ini telah dilaksanakan pada Jum'at, (22/1) di Kediaman Ketua RT 4/RW 1 Kelurahan Meteseh yang dihadiri oleh 10 orang ibu- ibu. Dan tentunya dalam pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sosialisasi ini disampaikan dengan pemberian sedikit materi kemudian menampilkan video Langkah-langkah cara membuat hand sanitizer dengan daun sirih. Terlihat ibu-ibu sangat antusias dengan adanya kegiatan sosialisasi. Siapa sangka daun sirih dan jeruk nipis bisa di manfaatkan sebagai Hand Sanitizer.

Hand Sanitizer Daun Sirih (Dokpri)

Pada akhir acara, mahasiswa mebagikan poster dan hand sanitizer daun sirih sebagai contoh agar dapat dipraktekkan di rumah oleh ibu-ibu RT 04 RW 1 Kelurahan Meteseh. Tak lupa pula untuk warga yang tidak hadir, mahasiswa KKN memberikan file video cara pembuatan ke Bu Nova selaku Bu RT 4. "ibu baru buat status di WhatsApp tentang Hand Sanitizer daun sirih, ibu-ibu yang lainnya langsung nanya-nanya cara buat nya. Nanti video nya kirim ke saya ya mbak" ujar bu Nova. Warga RT 4 tampak nya sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Harapannya dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, ilmu  yang telah diberikan dapat diterapkan oleh warga RT 4 dan masyarakat bisa tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan

Penulis : Anjelika, S1 Kesehatan Masyarakat
(Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2021)

Dosen Pembimbing KKN : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M.Si




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline