Lihat ke Halaman Asli

Anjar RoyyanHidayat

Anjar Royyan Hidayat

Apa Itu Bisnis?

Diperbarui: 21 Oktober 2020   21:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kita sering mendengar istilah bisnis, tetapi kita tidak mengetahui istilah dar bisnis. Aktifitas bisnis merupakan salah satu sumber rezeki, setiap manusia memiliki kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. 

Bisnis adalah sebuah aktifitas yang dikelola oleh seorang individu atau organisasi untuk memenuhi kebutuhan manusia dan berorientasi untuk menghasilkan keuntungan.

Dalam melakukan sebuah bisnis kita harus menggunakan prinsip ekonomi, yaitu mengeluarkan modal yang minimum untuk mendapatkan keuntungan yang maksimum.

A. Empat Konsep Bisnis

1. Pasar.

    Sebuah tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran dan tempat terjadinya pembentukan harga yang disepakati oleh penawaran dan permintaan. Pasar memilki berbagai macam jenis, seperti Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopolistik, Pasar Oligopoli, dan Pasar Monopoli. Selain itu, terdapat juga Pasar Modal, Pasar Uang, dan lain-lain.

2. Perusahaan.

     Dalam perusahaan memiliki bidang-bidang manajemen, seperti manajemen produksi, manajemen pemasaran, manajemen personalia, manajemen keuangan, dan manajemen administrasi.

3. Pihak Eksternal.

    Dalam konteks bisnis pihak eksternal dapat diakatakan sebagai penyalur pembiayaan atau modal yang bisa kita sebagai investor.

4. Konsep Perubahan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline