Lihat ke Halaman Asli

Wow, Wonderful Indonesia Menghiasi Laga Barcelona vs Bilbao

Diperbarui: 6 September 2016   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

"Itu beneran? Gila keren banget" Kalimat itulah yang muncul dari mulutku saat melihat logo Woderful Indonesia dipertandingan kemarin. Tapi itu belum sepenuhnya membuatku puas. saya masih penasaran dengan yang saya lihat tadi. "Apakah penonton yang lainnya melihat logo itu? ah sepertinya tidak." Dari pada saya mati penasaran, saya pun mencari-cari berita di FP (fanspage) Barcelona. Biasanya disitu membahas pertandingan-pertandingan semalam. Siapa tau admin di situ melihat juga. 

Setelah berkali-kali mencari, ternyata tidak ada satu pun orang yang membahas tentang logo itu. Tanggal 2 september, saat sedang membuka IG. fanspage  yang bernama 'INDO ZONE' memposting berita yang tidak saya duga. Berita itu berisi

"Branding pariwisata Indonesia kian melebarkan sayapnya hingga ke benua Eropa. Beberapa waktu lalu, tulisan Wonderful Indonesia berhasil muncul disalah satu kompetisi papan atas di Eropa, La Liga Sepanyol. Pada pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona, 29 agustus lalu, penonton dari berbagai penjuru dunia terkaget-kaget, dengan kemunculan digital board replacement bertema brand pariwisata Indonesia.  

Hal tersebut lantas menjadi sorotan republik karena kemunculan begitu tak terduga. Pihak kementerian Pariwisata RI mengakui bahwa kegiatan branding tersebut akan berlangsung hingga 20 November mendatang. Rencananya logo dengan kepak sayap Garuda itu akan dijadwalkan hadir disejumlah pertandingan La Liga.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan bahwa, diseluruh dunia, sepakbola itu gaya hidup. Baik tua muda, pria wanita, kaya miskin, mengenakan atriut favoritnya, menjadi kebanggaan besar jika bisa mengenakan atribut klub yang dicintai.

 Selain itu, La Liga merupakan kompetisi kedua yang paling disaksikan penonton dari seluruh dunia, setelah liga Inggris. Di Asia saja 260 juta pemirsa lebih memilih menonton La Liga spanyol. ini merupakan kesempatan emas untuk mempromosikan pariwisata  Indonesia di pasar Asia."

Berita itu pun sontak membuat heboh netizen. Beberapa komentar pun bermunculan.
"Apa yang hebat pake duit juga, itu pun dengan durasi pendek" Tulis Haryadie_uniquelyasia. Tetapi banyak juga netizen yang berkomentar positif.

 "Terserah mau ngomong apa, kalo menurut gua, ini mantap biar seluruh dunia tau, kalo indonesia  kaya akan flora dan fauna, ayo liburan kedalam negeri" Komentar daei Y_syafrizal.
 Kalau menurut saya ini sangat bagus, tidak perlu dihujat, karena ini dapat membuat Indonesia lebih dikenal di negara-negara lain. Bahkan kalau perlu Wonderful Indonesia memasang sponsor di jersey klub bola, karena itu akan selalu dilihat oleh penonton yang ada di seluruh dunia. Seperti Malaysia yang sudah lebih dulu memasang 'Visit Malaysia' di jersey Sevilla.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline