Lihat ke Halaman Asli

Anjar Nugraha

STEI BINA MUDA BANDUNG

"Aerostreet" Sepatu dengan Harga yang Murah namun tidak Murahan

Diperbarui: 20 September 2021   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.Aerostreet

Kisah Adhitya Caesarico memulai bisnis ini mungkin bisa ditiru. Beliau memulai bisnis sepatu ini pada tahun 2015 berawal dengan menjual sepatu sekolah yang didistribusikan secara luring dari toko ke toko.

Saat itu,Adhitya yang berasal dari Klaten ini melihat sepatu masih menjadikan sebagai kebutuhan sekunder bagi sebagian masyarakat. Singkat cerita Adhitya mempunyai gagasan baru yang dimana memutuskan untuk membuat sepatu yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Aerostreet,itulah nama sepatu buatan Adhitya. Setelah sekian lama menjual sepatu yang hanya untuk sekolah,akhirnya Adhitya memutuskan untuk mengembangkan usahanya tersebut. Aerostreet bukan hanya brand sepatu yang menjual sepatu sekolah saja,tetapi juga menjual berbagai macam dan segmen yang sudah ditentukan,seperti sepatu olahraga,kasual dan formal.

Sebuah brand tentunya memiliki slogan,sama halnya dengan Aerostreet yang memiliki slogan 'Now everyone can buy a good shoes' yang artinya 'Sekarang semua orang bisa membeli sepatu yang bagus',itulah yang menjadi harapan besar untuk Adhitya sebagai pencetus sepatu Aerostreet. Tentunya itu juga menjadi harapan bagi masyarakat Indonesia dari kalangan manapun,yang menginginkan sepatu dengan kualitas dan harga yang terjangkau.

Dok.Aerostreet

Setelah berjualan secara luring,akhirnya Adhitya mencoba untuk mengenalkan produk sepatunya itu secara online/daring melalui platform e-commerce. Pilihan pertama untuk menjual secara daring yaitu e-commerce dari Shopee,di tengah maraknya penjual produk secara daring.

Awalnya,Adhitya belum terlalu memahami cara berjualan atau mengoperasikan toko secara daring. Dengan bantuan dan pendampingan yang diberikan secara langsung oleh Shopee untuk menerapkan literasi digital,akhirnya Adhitya pun paham. Alhasil,beliau bisa mengembangkan usahanya yang sangat efektif dan efisien secara digital

Adhitya sendiri bergabung dengan Shopee pada Bulan November tahun 2018,secara perlahan brand Aerostreet menambah penjualan sepatu yang dibuatnya,hingga saat ini Adhitya mempu menjual puluhan ribu sepatu pria melalui asplikasi Shopee.

Dengan hasil yang tentunya sangat membanggakan, Aerostreet akhirnya memiliki gudang dan tim produksi sendiri.  Tentunya tidak mudah bagi seseorang yang mempunyai usaha di tengah gencarnya ancaman pandemic seperti ini. Aerostreet juga sempat mengalami penuruan drastis. 

Namun, Adhitya tentunya tidak tinggal diam,berbagai macam cara strategi dan adaptasi sudah dilakukan untuk terus bertahan. Dengan fokus untuk menjual dan memasarkan produknya secara daring di aplikasi Shopee, digitalisasi bisnis ini akhirnya membawa Aerostreet mampu menaikan hasil penjualannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline