Lihat ke Halaman Asli

Dampak Gempa Lombok & Sumbawa terhadap sumber penghidupan & strategi kelangsungan hidup masyarakat

Diperbarui: 22 Agustus 2023   12:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

ABSTRAK
          Terjadi gempa bumi di pulau Sumbawa dengan magnitudo M-5.3, bencana gempa Lombok merenggut nyawa 564 orang. 1.584 orang luka-luka dan 396.032 kerusakan berat, seperti 188.139 unit rumah tinggal, gedung perkantoran, infrastruktur transportasi darat, infrastruktur air, fasilitas medis, pendidikan, tempat ibadah gereja, hotel, pertokoan dan fasilitas umum lainnya. Para korban sementara dirawat di tenda-tenda pengungsian yang dibangun oleh TNI, Polri dan instansi pemerintah lainnya. Tenda didirikan setelah Puskesmas yang rusak akibat gempa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan 20 orang tewas, termasuk seorang warga negara Malaysia, dan 401 lainnya luka-luka. Orang Malaysia yang tewas diyakini tertimpa material dari gempa dan tanah longsor. Dampak kesehatan gempa terhadap penyakit menular seperti influenza, cacar air, leptospirosis dan lain-lain meningkat sebesar 28,3%, diikuti gangguan jiwa seperti stress/depresi, trauma dan penyakit lainnya serta penyakit menular seperti diare, demam berdarah, malaria , ISPA dan penyakit mata menurun 20%.

Kata  kunci : pulau Sumbawa, geografi, gempa, paska gempa, dampak gempa

PENDAHULUAN
          Pada tanggal 29 Juli 2018 pukul 06:00
47 WITA, gempa tektonik bermagnitudo M= mengguncang Pulau Lombok. Pusat gempa berada pada koordinat 8,35 Lintang Selatan dan 116,5 derajat Bujur Timur atau 47 km timur laut Kota Mataram dengan kedalaman 24 km (AHA Center, 2018). Guncangan gempa ini dirasakan di wilayah Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, dan Sumbawa Besar. Kemudian pada tanggal 5 Agustus 2018 pukul 19.00:
empat puluh enam:
35 WITA an M=7.0 gempa kembali terjadi di Lombok, pusat gempa terletak pada koordinat 8.37 Lintang Selatan dan 116.48 derajat Bujur Timur, 18 km Barat Laut Kabupaten Lombok Timur dengan kekuatan 35 WITA dengan kedalaman 15 km. Dengan pusat gempa yang relatif sama dengan gempa sebelumnya. BMKG menyatakan gempa ini sebagai guncangan utama dalam rangkaian gempa sebelumnya. Gempa susulan terjadi setelah gempa utama dan dirasakan di beberapa wilayah di Provinsi NTB. Bencana gempa Lombok merenggut nyawa 564 orang. 1.584 orang luka-luka dan 396.032 kerusakan berat, seperti 188.139 unit rumah tinggal, gedung perkantoran, infrastruktur transportasi darat, infrastruktur air, fasilitas medis, pendidikan, tempat ibadah gereja, hotel, pertokoan dan fasilitas umum lainnya. Sektor yang paling terpukul akibat gempa adalah pendidikan dan perumahan. Literatur kebencanaan menunjukkan bahwa dampak bencana cenderung tidak merata, namun dipengaruhi oleh interaksi sosial dan pola organisasi. Dalam studi mata pencaharian, sumber daya yang digunakan untuk memeriksa mata pencaharian telah dikelompokkan ke dalam kategori modal alam, manusia, keuangan, fisik, dan sosial.
Pulau Sumbawa merupakan daerah dengan tingkat aktivitas seismik tertinggi. Pada 13 Juni 2020, gempa bermagnitudo (M 5,3) terjadi di Plampang, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa tersebut diikuti oleh sejumlah gempa susulan yang signifikan. Gempa terasa di Pulau Sumbawa, Pulau Lombok, Pulau Bali.
 
 
PEMBAHASAN
        Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini dibatasi oleh Selat Alas di sebelah barat (memisahkan dengan Pulau Lombok), Selat Sape di sebelah timur (memisahkan dengan Pulau Komodo), Samudera Hindia di sebelah selatan, dan Laut Flores di sebelah utara. Kota terbesarnya adalah Bima yang terletak di sisi timur pulau.
Pulau ini memiliki luas 14.386 kilometer persegi, menjadikannya pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan salah satu dari dua pulau utama di provinsi tersebut. Titik tertingginya adalah Gunung Tambora (2.824 m), yang juga merupakan gunung berapi aktif. Ciri khas Sumbawa adalah Pulau Bungin masuk dalam wilayah Kecamatan Alas, Provinsi Sumbawa. Pulau Bungin adalah pulau terpadat di dunia, dengan kepadatan 15.000 orang/km, Pulau Bungin memiliki luas kurang dari 8 hektar dan dihuni oleh sekitar 3.000 orang.
Sejarah
Buku Nagarakretagama abad ke-14 mencatat beberapa kekuatan yang ada di pulau Sumbawa termasuk Dompu, Bima, Sape dan lainnya di pulau Sangeang Api di lepas pantai timur laut Sumbawa. Empat pusat kekuasaan di Sumbawa Barat merupakan kerajaan-kerajaan bawahan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur. Pulau ini sering diserbu oleh orang asing karena sumber daya alamnya yang melimpah. Pihak penyerang termasuk orang Jawa, Bali, Makassar, Belanda, dan Jepang. Belanda pertama kali tiba pada tahun 1605, tetapi tidak secara efektif menguasai pulau Sumbawa hingga awal abad ke-20.
Kerajaan Gelgel Bali menguasai bagian barat pulau itu untuk waktu yang singkat, tetapi tidak lama. Bagian timur pulau ini diperintah oleh Kesultanan Bima, sebuah kerajaan yang terkait dengan masyarakat Bugis dan Makassar dan kelompok etnis Muslim Melayu lainnya di nusantara.
Bukti sejarah menunjukkan bahwa orang Sumbawa dikenal di Hindia Timur sebagai penghasil madu, kuda,[1] kayu secang, digunakan untuk membuat cat merah,[2] dan kayu cendana, digunakan untuk dupa dan obat-obatan. Kawasan ini tercatat sebagai kawasan produksi pertanian yang sangat produktif.
Pada akhir abad ke-18, Belanda mendirikan perkebunan kopi di kaki barat Gunung Tambora dan menciptakan varian kopi Tambora mereka sendiri. Letusan gunung berapi ini pada tahun 1815 merupakan salah satu letusan gunung berapi terkuat sepanjang masa, membuang 160 km3 debu dan abu ke atmosfer. Letusan ini juga menewaskan hingga 71.000 orang dan memulai masa pendinginan yang dikenal sebagai "Tahun Tanpa Musim Panas" pada tahun 1816. Terakhir, budaya Tambora yang erat kaitannya dengan masyarakat Papua juga ikut musnah akibat letusan ini. Wilayah administrasi
Secara administratif pulau ini terdiri dari 4 kabupaten dan 1 kota, yaitu:

* Kabupaten Sumbawa Barat
* Kabupaten Sumbawa
* Kabupaten Dompu
* Kabupaten bima
* Kota Bima

Geografi
Brang biji
Brang Moyo
Sungai Banggo
Sungai Bela
Sungai-sungai utama di Pulau Sumbawa
Sungai-sungai utama Sumbawa adalah:
* Sungai Brang Biji atau Brang Sumbawa
* Sungai Moyo atau Brang Moyo
* Sungai Banggo
* Sungai Bela
         Gempa bumi tektonik terjadi di mana saja di Bumi di mana cukup banyak energi tekanan elastis terakumulasi untuk mendorong perambatan retakan di sepanjang bidang patahan. Permukaan bumi terdiri dari lempeng-lempeng yang jaraknya berdekatan. Lempeng ini selalu mengalami pergerakan yang bisa mencapai 10 cm per tahun. Tepi hanya dapat berpotongan dengan halus dan tanpa getaran (no vibration) jika tidak ada ketidakteraturan atau kekasaran di sepanjang permukaan patahan yang meningkatkan tahanan gesek. Sebagian besar permukaan pelat kasar, memberikan bentuk perilaku gesekan yang sangat halus. Ketika patahan terkunci, gerakan relatif konstan antara pelat meningkatkan tegangan dan dengan demikian menyebabkan energi tegangan terakumulasi dalam volume di sekitar permukaan patahan. Proses ini berlanjut hingga tegangan antara dua atau lebih pelat mencapai tingkat yang cukup untuk mematahkan kekakuan, kemudian menyebabkan bagian cacat yang terkunci tiba-tiba bergerak dan melepaskan energi yang tersimpan. Energi ini dilepaskan dalam bentuk kombinasi gelombang seismik yang merambatkan tekanan elastis, pemanasan gesekan pada bidang patahan, dan retakan pada batuan, yang kemudian menyebabkan gempa bumi. Proses akumulasi bertahap dari tekanan dan tegangan yang bergantian dengan getaran gempa yang tiba-tiba dijelaskan dalam teori pemulihan elastis. Diperkirakan dari total energi gempa bumi, hanya 10% atau kurang yang dipancarkan sebagai energi seismik. Sebagian besar energi dari gempa bumi digunakan untuk mendorong pertumbuhan retakan seismik atau diubah menjadi panas yang dihasilkan oleh gesekan. Dengan demikian, gempa bumi mengurangi energi potensial elastis yang tersimpan di dalam bumi dan meningkatkan suhu bumi, meskipun perubahan ini dapat dikesampingkan karena aliran panas konduksi dan konveksi yang keluar dari interior bumi. .

        Gempa ini berpusat di daratan dekat Gunung Rinjani di Lombok Timur. Mengingat lokasi dan kedalaman pusat gempa, gempa ini merupakan gempa dangkal yang disebabkan oleh aktivitas Flores Arc Thrust. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini disebabkan oleh deformasi batuan akibat gerak ke atas (gaya dorong). Guncangan gempa ini dapat dirasakan di seluruh Pulau Lombok, Pulau Bali, dan Pulau Sumbawa. Getaran terkuat terjadi di seluruh Lombok, khususnya di Lombok Timur, Sumbawa Barat, dan Sumbawa Besar sebagai gempa V-VI MMI. Sedangkan di Pulau Bali jelas terasa berupa MMI III-IV. Seperti di Bima III MMI. Pasca gempa utama berkekuatan 6,4 Mw pada pukul 06:47 WITA hingga pukul 10:20 WITA, terjadi 124 gempa susulan dengan empat gempa berkekuatan di atas 5,0 Mw dan terbesar 5,7 Mw pada pukul 10:16 WITA. Dampak dan korban Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan 20 orang meninggal dunia, di antaranya seorang warga negara Malaysia dan 401 lainnya luka-luka. Sedikitnya 10.062 rumah rusak akibat gempa ini. Warga Malaysia yang tewas diyakini tertimpa material tanah longsor. Warga Malaysia Siti Nur Lesmawida pingsan di dalam gua saat beristirahat di penginapannya di Lombok Timur. Saat itu, 333 pendaki masih terperangkap di kawah Rinjani. Beberapa pendaki yang terjebak adalah pendaki asing seperti Thailand, Belanda, Perancis dan Malaysia. Untuk mengevakuasi mereka yang masih terjebak, BTNGR (Badan Taman Nasional Gunung Rinjani) memberangkatkan 184 orang, termasuk 100 anggota Kopassus. Sebelumnya, pihak BTNGR menyebut masih ada sekitar 500 orang yang terjebak di Gunung Rinjani. Kerusakan terjadi di beberapa bangunan. Kerusakan fisik terjadi 1.454 rumah, 7 sekolah, 22 tempat ibadah, 5 fasilitas kesehatan, 37 kios dan 1 jembatan rusak.[16] Kepada hadirin, Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG Pusat - seperti diberitakan Antara - mengimbau untuk tetap tenang, tidak panik dan tidak menempati bangunan yang rusak akibat gempa. Partisipasi sebagian besar kepala keluarga di 7 (tujuh) kabupaten/kota terdampak gempa NTB tergolong rendah. Secara total, di 7 (tujuh) kabupaten/kota, 55% responden menilai gempa bumi tidak merata terhadap kesehatan, sedangkan 45% responden menganggap gempa bumi berdampak pada kesehatan, yaitu penyakit menular seperti influenza, cacar air. , leptospirosis dan penyakit lainnya sebesar 28,3%, disusul gangguan jiwa seperti stres/depresi, trauma dan penyakit lain serta penyakit menular seperti diare, demam berdarah, malaria, ISPA dan penyakit mata sebesar 20%. Di Provinsi Nusa Tenggara Barat secara keseluruhan, 74% rumah tangga telah merasakan dampak gempa terhadap penghidupan mereka, meskipun terdapat variasi antar kabupaten. Penduduk Kabupaten Lombok Utara merupakan yang terbanyak yaitu 89,24% rumah tangga. Dampak gempa terhadap mata pencaharian paling terasa di Lombok Utara (89%), Lombok Tengah (85%) dan Lombok Timur (80%). Sedangkan di Kabupaten Subawa dan Sumbawa Barat, warga kedua kabupaten ini merasakan dampak gempa bumi terhadap sumber pendapatan yang paling sedikit, yakni hanya 51% warga Kabupaten Sumbawa dan 34% warga Kabupaten Sumbawa Kabupaten Sumbawa Barat. Sumber pendapatan rata-rata pra dan pasca gempa yang paling dominan di Provinsi NTB adalah perdagangan, pekerjaan tetap, hasil perikanan dan ekspedisi. hampir semua sumber pendapatan mengalami penurunan setelah gempa, namun setelah gempa, pendapatan dari pengapalan sebesar Rp 995.789, setelah gempa meningkat menjadi Rp 1.026.285. Kota Mataram dan Kabupaten Sumbawa. Rumah tangga melaporkan bahwa gempa mempengaruhi sumber pendapatan mereka, secara total di provinsi NTB, hingga 50% kehilangan pendapatan, 23% kehilangan pekerjaan (sebagai pekerja) dan hingga 15% tidak memiliki kondisi fisik dan kesehatan. / atau kapasitas psikologis untuk bekerja. Keluarga yang akan bekerja setelah gempa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang paling umum digunakan oleh rumah tangga untuk mengatasi gempa adalah dengan meminjam, meskipun strategi ini bukan keluarga namun semua dapat dilakukan. Strategi kedua yang digunakan oleh rumah tangga yang terkena dampak adalah manajemen biaya. Perpindahan keluarga cenderung meningkat pasca gempa, seperti di Kabupaten Lombok Utara, Kota Mataram dan Kabupaten Sumbawa Barat. Sedangkan belanja pangan, sandang, pendidikan dan lainnya cenderung menurun di sebagian besar kabupaten/kota yang terkena dampak. Di Kabupaten Lombok, misalnya, pasca gempa, bantuan pemerintah meningkat dari 8,07% menjadi 12,56%.
        Pasca gempa, pemerintah setempat langsung menutup Taman Nasional Gunung Rinjani yang terletak tak jauh dari pusat gempa. Semua kegiatan di dalam taman nasional ditutup untuk mencegah tanah longsor yang sewaktu-waktu dapat terjadi akibat gempa bumi. Kali ini usai kunjungan Presiden Joko Widodo dari Sulawesi Selatan ke Nusa Tenggara Barat. Presiden Jokowi langsung membahas masalah penanganan pascagempa saat rapat terbatas di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Presiden segera memerintahkan jajarannya untuk turun segera menangani akibat gempa, pemerintah pusat memerintahkan untuk membantu mereka yang terkena dampak bencana.Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi dan timnya mengerahkan petugas untuk menangani dampak gempa di wilayahnya. Pemerintah NTB kemudian mengumumkan masa tanggap darurat gempa selama tiga hari.Wilayah Kabupaten Lombok Timur akan menjadi wilayah yang paling parah terkena dampak gempa ini. Dua kecamatan yang paling terdampak gempa di Lombok Timur adalah Sembalun dan Sambelia. Korban luka-luka di dua bangsal mendapatkan perawatan sementara di tenda-tenda evakuasi yang didirikan oleh TNI, Polri dan instansi pemerintahlainnya.Tendadidirikan berdasarkan kondisi Puskesmas di Sembalun yang rusak akibat gempa. Sementara itu, Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan akan memberikan dukungan logistik dan tagana ke daerah yang terkena dampak gempa. Sementara itu, Tagana juga membagikan nasi bungkus untuk makan siang kepada para korban dan relawan. Departemen Sosial memberangkatkan 60 relawan Tagana, dan tim dukungan psikososial dan dukungan logistik ke lokasi gempa. Dukungan logistik seperti matras, tenda, perlengkapan anak, perlengkapan lansia, makanan siap saji dan lain-lain

KESIMPULAN
        Terjadi gempa di Lombok dan Sumbawa setelah gempa di Lombok dan Sumbawa dengan magnitudo M=5,3 berpusat di bawah Gunung Rinjani. Bencana gempa Lombok menyebabkan 564 orang tewas dan 1.584 luka-luka. Banyak pekerjaan umum seperti puskesmas, sarana ibadah, sekolah, dan rumah rusak parah. Presiden Indonesia Joko Widodo telah memerintahkan pemerintah daerah untuk menutup Taman Nasional Gunung Rinjani karena khawatir sewaktu-waktu dapat terjadi tanah longsor akibat gempa. Presiden memerintahkan stafnya untuk bekerja cepat setelah gempa, dan pemerintah pusat memerintahkan mereka untuk membantu masyarakat. TNI dan Porli dikerahkan untuk mendirikan tenda darurat dan posko kesehatan bagi korban gempa.

DAFTAR PUSTAKA

Jong Boers, B.D. de (2007), 'The 'Arab' of the Indonesian Archipelago: The Famed Horse Breeds of Sumbawa' in: Greg Bankoff and Sandra Swart (eds), Breeds of Empire: The 'invention' of the horse in Southern Africa and Maritime Southeast Asia, 1500--1950. Copenhagen: NIAS Press, pp 51--64.
Jong Boers, B.D. de (1997), "Sustainability and time perspective in natural resource management: The exploitation of sappan trees in the forests of Sumbawa, Indonesia (1500--1875)" in: Peter Boomgaard, Freek Colombijn en David Henley (eds), Paper landscapes; Explorations in the environmental history of Indonesia. Leiden: KITLV Press, pp. 260--281.
Donohue, Mark (2008-01-03). "The Papuan Language of Tambora". Oceanic Linguistics. 46 (2): 520--537. doi:10.1353/ol.2008.0014. ISSN 1527-9421.
Roach, John (February 27, 2006). ""Lost Kingdom" Discovered on Volcanic Island in Indonesia". National Geographic News. National Geographic Society. Diakses tanggal 13 April 2018.

https://jurnal.ugm.ac.id/mgi/article/view/49132




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline