Lihat ke Halaman Asli

Veeramalla Anjaiah

TERVERIFIKASI

Wartawan senior

Seniman Kashmir, Insha Shabir Menemukan Kesuksesan dalam Seni Resin

Diperbarui: 8 Agustus 2023   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seniman Insha Shabir dari Jammu dan Kashmir. | Sumber: Rising Kashmir

Oleh Veeramalla Anjaiah

Ia adalah seniman terkenal dan berbakat. Kecintaannya pada seni resin membuatnya menjadi sensasi internet. Seniman yang berusia 27 tahun itu berasal dari daerah Kanjigund di distrik Anantnag di Jammu dan Kashmir (J&K), Wilayah Persatuan (UT) India. Ia tidak lain adalah Insha Shabir.

Seniman muda ini sangat menyukai seni sejak masa kecilnya dan kemudian memutuskan untuk melanjutkan studi di bidang yang sama.

"Setelah menyelesaikan Sarjana Seni Rupa [Lukisan] dari University of Kashmir, saya semakin tertarik pada seni resin. Seni ini tercipta ketika bahan kimia cair yang disebut resin epoksi dikombinasikan dengan berbagai pigmen warna dan aditif untuk menghasilkan perpaduan pola dan tekstur yang unik," kata Insha kepada surat kabar Rising Kashmir.

Insha mengatakan seni resin adalah gaya melukis yang unik di mana kita tidak memerlukan kuas, guratan, cat air, akrilik atau cat minyak biasa untuk membuat karya seni.

"Campuran resin secara bertahap mengeras [bila dicampur dengan pengeras] menjadi plastik padat saat terjadi reaksi kimia antara komponen-komponennya. Itu adalah platform yang bagus untuk memamerkan karya seni saya yang terbuat dari limbah yang dibuang, yang memberi saya apresiasi dan penghargaan yang luar biasa," ujar Insha kepada Rising Kashmir.

Karya seniman Insha Shabir sedang dipamerkan. | Sumber: thebetterkashmir.com

Perjalanan Insha dengan seni resin dimulai saat ia melihat celah dalam lanskap artistik Kashmir. Sementara banyak seniman terlibat dalam bentuk seni tradisional seperti potret, sketsa, lukisan dan kaligrafi, seni resin relatif belum tereksplorasi di wilayah tersebut. Penasaran dengan bentuk seni modern ini, Insha memutuskan untuk menggali lebih dalam dan mengembangkan keterampilannya dalam seni resin.

Dedikasi dan kerja kerasnya membuahkan hasil karena ia telah melakukan beberapa lokakarya seni resin yang sukses di seluruh distrik Srinagar. Melalui lokakarya ini, ia ingin berbagi pengetahuan dan keahliannya dengan orang lain, memberdayakan mereka untuk merangkul seni resin sebagai profesi dan menggali potensinya sebagai mata pencaharian.

Saat ditanya sumber inspirasinya, Insha mengaku tidak memiliki inspirasi apapun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline