Lihat ke Halaman Asli

Veeramalla Anjaiah

TERVERIFIKASI

Wartawan senior

Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc Akan Mengunjungi Indonesia untuk Memberikan Bentuk Baru pada Ikatan Lama

Diperbarui: 19 Desember 2022   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc | Sumber: Vietnam Times

Oleh Veeramalla Anjaiah

Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc akan melakukan kunjungan bersejarah ke Indonesia, anggota G20 dan pemimpin de facto Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), dari tanggal 21 Desember hingga 23 Desember 2022 untuk memberikan bentuk baru pada hubungan strategis yang sudah ada antara kedua negara.

Presiden Phuc akan didampingi beberapa pejabat senior beserta delegasi bisnisnya.

Sejak menjadi Presiden Vietnam pada 5 April 2021, ini akan menjadi kunjungan pertama Phuc ke Indonesia.

Kunjungan kenegaraannya menandai tonggak baru dalam 67 tahun hubungan bilateral antara Vietnam dengan Indonesia.

Vietnam adalah teman lama sekaligus mitra strategis. Tahun depan kedua negara akan merayakan 10 tahun berdirinya Kemitraan Strategis yang telah terjalin sejak tahun 2013 lalu.

Kedua negara juga merupakan tetangga maritim. Vietnam adalah sahabat terpercaya Indonesia. Tahun depan, Indonesia akan menjadi ketua ASEAN. Vietnam mendukung penuh keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023.

Baik Indonesia maupun Vietnam adalah pemain kunci di kawasan ASEAN. Keduanya memiliki persepsi yang sama tentang pencapaian tujuan bersama komunitas ASEAN dan menjaga perdamaian serta keamanan di kawasan, terutama di Laut China Selatan (LCS) yang diperebutkan dengan sengit.

Tahun lalu kedua negara sepakat untuk mempertahankan posisi bersama ASEAN dalam masalah LCS, secara efektif menerapkan Deklarasi Perilaku Para Pihak di LCS (DOC) dan menyelesaikan negosiasi lebih awal dengan China tentang Kode Etik (COC) yang efisien dan efektif di LCS sejalan dengan hukum internasional, termasuk Konvensi PBB tahun 1982 tentang Hukum Laut (UNCLOS 1982).

Phuc ke Indonesia terjadi setelah pemilihan kepemimpinan kolektif Vietnam, yang didasarkan pada apa yang disebut sebagai "empat pilar" Partai Komunis Vietnam (CPV) yang berkuasa dan pemerintah Republik Sosialis Vietnam, tahun lalu. Empat pilar Vietnam yang baru terpilih adalah Sekretaris Jenderal CPV Nguyen Phu Trong, Presiden Phuc, Perdana Menteri Pham Minh Chinh dan Ketua Majelis Nasional Vuong Dinh Hue.

Kontak tingkat tinggi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline