Lihat ke Halaman Asli

Veeramalla Anjaiah

TERVERIFIKASI

Wartawan senior

Vietnam, Indonesia, dan Filipina Dapat Mencari Keadilan dan Supremasi Hukum di Dialog Shangri-La

Diperbarui: 10 Juni 2022   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. | Sumber: IISS 

Oleh Veeramalla Anjaiah

Singapura

Mulai hari ini (10 Juni), beberapa Perdana Menteri, menteri, panglima militer dan  ahli mata-mata akan berkumpul di Hotel Shangri-La di Singapura untuk membahas tentang keamanan regional.

Setelah rehat selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) yang berbasis di London sekali lagi menyelenggarakan IISS Shangri-La Dialogue (SLD), yang merupakan KTT pertahanan utama Asia, dari tanggal 10 hingga 12 Juni di Singapura.

"Ini adalah pertemuan unik di mana para menteri memperdebatkan tantangan keamanan yang paling mendesak di kawasan, terlibat dalam pembicaraan bilateral yang penting dan menghasilkan pendekatan baru bersama-sama," kata IISS.

"Pada saat fokus yang semakin besar pada dinamika geopolitik dan pertahanan Asia-Pasifik, pentingnya debat langsung di antara para aktor kunci kawasan ini lebih besar dari sebelumnya. Dialog Shangri-La IISS adalah platform unik untuk debat semacam itu, yang memungkinkan para menteri pemerintah dan pejabat senior, serta para pemimpin bisnis dan pakar keamanan, untuk bersama-sama berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang di Asia."

KTT keamanan tingkat tinggi tahunan telah berlangsung setiap tahun sejak 2002, sebelum dibatalkan pada tahun 2020 dan 2021. Jadi tahun ini akan menjadi KTT yang ke-19.

Beberapa pengamat keamanan mengharapkan SLD tahun ini untuk menjelaskan pemikiran dan sikap Amerika Serikat dan China dalam kaitannya dengan kawasan tersebut.

Menurut surat kabar The Straits Times, sekitar 500 delegasi dari 42 negara - termasuk lebih dari 70 menteri dan pejabat senior pertahanan - akan berkumpul secara langsung di hotel Shangri-La untuk pidato, debat dan, sesuai tradisi, berkumpul di sela-sela acara.

Dalam sebuah pernyataan pada tanggal 9 Juni, Kementerian Pertahanan Singapura mengatakan bahwa Dialog ini "telah memberikan platform yang berharga, terbuka dan netral untuk pertukaran perspektif tentang masalah dan inisiatif pertahanan dan keamanan".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline