Lihat ke Halaman Asli

Dalvin Steven

Positif Realistis

Diego Costa, 'Membuang' Brazil, 'Dibuang' Spanyol

Diperbarui: 19 Juni 2016   02:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Striker andalan Chelsea FC, Diego Costa, mungkin adalah salah satu pemain yang 'salah pilih jalan' dalam karier persepakbolaannya. Bagaimana tidak, saat pemain - pemain lain sibuk dengan gegap gempitanya Piala Eropa 2016 di Perancis serta Copa America 'Centenario' 2016 di USA, ia tidak bergabung dengan tim nasional mana pun untuk mengikuti salah satu dari kedua kejuaraan terbesar di dunia tersebut. Diego Costa, yang seharusnya adalah warga negara Brazil, karena lahir di Brazil, malah membelot ke negara Spanyol. Ia lebih memilih memakai jersey Tim Matador daripada Tim Nasional Brazil. 


Saat ini, memang tertutup sudah kesempatan bagi Costa untuk bergabung dengan Tim Nasional Brazil, karena ia sudah pernah membela Spanyol sebelumnya. Karena, aturannya seorang pemain sepakbola tidak boleh membela lebih dari satu tim nasional dalam perjalanan kariernya. Diego Costa tidak akan pernah dan tidak akan boleh bergabung dengan Tim Nasional Brazil lagi sampai kapan pun dengan status pemain. 

Seandainya, jika ia tidak memilih membela Spanyol, seharusnya tahun ini mungkin menjadi ajang yang tepat bagi dirinya membuktikan diri bersama Brazil di Copa America 2016, dan dapat mengangkat performa Brazil, serta mungkin membantu Brazil mendapat tempat yang lebih baik di Copa America 2016 kali ini, mengingat Brazil mengalami fase buruk dalam sejarah, yaitu sudah gugur terlebih dahulu difase grup. Akhir  - akhir ini Brazil memang tidak memiliki striker tajam sepeninggal Ronaldo, sehingga dapat membuka peluang bagi Diego untuk mengemban peran sebagai goal gater-nya Brazil. Harapan lainnya dan satu - satunya adalah ia dapat dipanggil Tim Nasional Spanyol serta membela Spanyol diberbagai ajang bergengsi eropa mau pun dunia. 


Apa daya, nasib berkata lain. Ia tidak bersinar bersama Spanyol, dan puncaknya tahun ini, ia tidak dipanggil Vicente Del Bosque untuk menjadi salah satu dari 23 pemain yang dibawa ke Perancis. Performa yang tak kunjung membaik bersama tim Matador, serta sifat tempramen yang buruk, menyebabkan Del Bosque sedikit beresiko apabila memanggilnya ke Tim Nasional Spanyol untuk EURO 2016. Jadi, tahun ini, Diego Costa tak bermain untuk siapa pun, untuk negara mana pun, di kompetisi apa pun.


Sedikit miris, ketika rekan - rekannya di Chelsea sibuk membela negara masing - masing, seperti Garry Cahill bersama Inggris, dan Courtois dan Hazard bersama Belgia, serta Willian bersama Brazil, Diego Costa hanya bisa menonton rekan - rekannya di televisi. Atau kalau mau, setidaknya ia datang langsung ke stadion untuk menyaksikan rekan - rekannya bertanding.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline