Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University yang berlokasi di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat melakukan pendampingan pelatihan digital marketing berbasis kewirausahaan yang ditargetkan bagi para remaja Desa Patengan yang berusia 14-21 tahun.
Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu dari lima program kerja yang dicanangkan oleh mahasiswa KKN-T IPB Kelompok 10 Bandung dengan Risda Awalia dan Ani Yunitasari sebagai penanggung jawab kegiatan serta Achmad Alfarizy, Dhea Ayu S, Annisa Fitriani H, Asrabullah, Azzahra Yuditya, Zehan Azani H, Aisyah Farah S, dan Sayyidah Atiqah sebagai pendukung.
Dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa Patengan, kegiatan pelatihan digital marketing ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia khususnya para remaja agar dapat lebih peka terhadap pemasaran digital dan kewirausahaan melalui pemanfaatan sosial media marketing dan e-commerce.
"Dengan adanya kegiatan pelatihan digital marketing yang berbasis kewirausahaan ini, Kami berharap para remaja dapat lebih paham bagaimana mengelola dan membangun suatu bisnis dengan memanfaatkan platform media sosial agar potensi yang ada di Desa Patengan baik komoditas hasil pertaniannya seperti kopi dan stroberi, maupun di sektor wisata" Ujar Ani Yunitasari selaku penanggung jawab program kerja "Entrepreneurship-based Digital Marketing Education".
Kegiatan pelatihan ini terbagi ke dalam tiga sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2022 di aula Kantor Desa Patengan berupa pengenalan secara umum tentang konsep kewirausahaan dan digital marketing oleh narasumber Ade fajar maulana M., S.E, CBA. Selanjutnya, sesi kedua dilaksanakan seminggu kemudian yaitu pada 12 Juli 2022 berupa edukasi pratik langsung penerapan digital marketing menggunakan platform instagram dan shopee, serta pengenalan editing menggunakan aplikasi canva dan cap cut, serta di akhir sesi diberikan penugasan kepada para peserta yang sebelumnya telah dibagi kedalam beberapa kelompok agar peserta dapat mempelajari lebih dalam terkait praktik yang telah diberikan. Terakhir, sesi ketiga atau sesi final dan apresiasi berupa penilaian serta evaluasi hasil penugasan lalu dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada kelompok terbaik. Selain itu juga diberikan apresiasi berupa plakat kepada kedua kelompok karang taruna yang berpartisipasi yaitu karang taruna Rancabali dan karang taruna Rahayu.
"Saya sangat berterima kasih kepada Mahasiswa KKN-T IPB yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini, karena memang benar adanya bahwa kegiatan pelatihan semacam ini sangat penting mengingat remaja karang taruna kami masih belum tersentuh dengan hal-hal yang berbau digital marketing maupun e-commerce. Semoga kedepannya para remaja dapat mulai membangun bisnis dan mengelolanya seperti ilmu yang telah diajarkan kemarin" ujar Kang Awis selaku ketua karang taruna Kampung Rancabali.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H